BAZNAS Salurkan Dam Jemaah Haji ke Sekolah Indonesia di Makkah

Sabtu, 22 Juni 2024 – 09:37 WIB
BAZNAS menyalurkan daging Dam jemaah haji bagi sekolah Indonesia di Makkah. Foto: Baznas

jpnn.com, JAKARTA - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menyalurkan daging Dam jemaah haji bagi sekolah Indonesia di Makkah.

Mengutip kanal Kemenag, Dam artinya darah, dalam hal ini maksudnya membayar denda dengan cara menyembelih seekor kambing.

BACA JUGA: Holding BUMN Danareksa Salurkan 212 Hewan Kurban Lewat BAZNAS

Hal ini diungkap Ketua BAZNAS KH Noor Achmad mengatakan, kurang lebih ada 10 ribu Dam jemaah haji.

"Ada dari petugas sebagian ada dari AMPHURI dan jemaah haji dengan per-packnya seberat 2,5 kilogram," ujar Kiai Noor, dalam keterangannya, Sabtu (22/6).

BACA JUGA: BAZNAS dan Kemenag Susun Peta Jalan Zakat 2045

Menurut Kiai Noor, proses pengolahan dan pengemasan daging Dam ini dilakukan di PT Itslats milik Kementerian Wakaf Arab Saudi.

Dam jemaah haji nantinya diharapkan bisa disalurkan ke Indonesia. Menurutnya, banyak masyarakat yang sangat membutuhkan.

BACA JUGA: Berdayakan Mustahik, BAZNAS Resmikan Balai Ternak di Subang

"Ini, kan, kami baru menjajaki dan tentu saja nanti tergantung kepada BPOM, Kementerian Perdagangan, Bea Cukai, dan Kementerian Pertanian," katanya.

Kiai Noor juga berharap nantinya tidak hanya sekitar sepuluh ribu Dam yang disalurkan seperti sekarang ini, tetapi bisa mencapai ratusan ribu, sesuai dengan jumlah jemaah haji Indonesia.

"Kalau nanti misalnya saja bisa 200 ribu kambing yang disembelih, baik itu yang kita berikan di sini atau yang kita kembalikan ke Indonesia manfaatnya sangat besar sekali," tuturnya.

Sementara itu, Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi, Dr. Abdul Aziz Ahmad mendukung program Dam untuk dimanfaatkan masyarakat Indonesia, di Arab Saudi maupun masyarakat kurang mampu di Tanah Air.

"Kami juga akan membantu pengiriman daging Dam olahan ini ke Tanah Air dengan mengikuti regulasi di Arab Saudi, maupun di tanah air," ungkapnya.

Abdul Aziz berharap, daging Dam olahan ini bisa dibagikan untuk membantu program pemerintah dalam peningkatan gizi masyarakat dan penanggulangan stunting di Indonesia. (jlo/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler