Bea Cukai Ambon Fasilitasi Ekspor Tuna Segar Senilai Hampir Rp 1 Miliar ke Jepang dan AS

Senin, 02 September 2024 – 15:20 WIB
Bea Cukai Ambon memfasilitasi ekspor ikan tuna segar senilai hampir Rp 1 miliar yang dilakukan PT Peduli Laut Maluku tujuan pasar Jepang dan Amerika Serikat. Foto: Dokumentasi Humas Bea Cukai

jpnn.com, AMBON - Bea Cukai Ambon memfasilitasi ekspor ikan tuna segar yang dilakukan PT Peduli Laut Maluku tujuan pasar Jepang dan Amerika Serikat.

Ekspor ini dilakukan melalui Bandara Pattimura Ambon pada Jumat (23/8) dan Selasa (27/8) sebelum diterbangkan melalui Bandara Soekarno-Hatta.

BACA JUGA: Bea Cukai Blitar dan Satpol PP Tulungagung Amankan 302.452 Rokok Ilegal di Sobontoro

Kepala Kantor Bea Cukai Ambon M. Farid Irfan Mahfudz mengatakan produk perikanan dari Ambon semakin menjadi primadona di pasar internasional.

Dia menegaskan Bea Cukai Ambon sebagai trade facilitator dan industrial assistance berkomitmen mendukung pelaku usaha perikanan lokal melalui pelayanan, asistensi, dan fasilitas ekspor yang optimal.

BACA JUGA: Bea Cukai Jember Musnahkan Barang Hasil Penindakan Senilai Rp 2,2 Miliar, Ini Jenisnya

“Untuk ekspor kali ini kami melayani dua ekspor masing-masing ke Jepang dan Amerika Serikat. Total barang yang diekspor adalah 66 boks atau 5.640 kg fresh tuna whole dan 1.139,5 kg fresh tuna H&G dengan total nilai ekspor mencapai Rp 875 juta,” ungkap Farid dalam keterangannya, Senin (2/9).

Dia menyampaikan ekspor komoditas perikanan dan pertanian, termasuk produk kehutanan terus mendominasi ekspor dari Provinsi Maluku.

BACA JUGA: Bea Cukai Surakarta & Pemkab Karanganyar Musnahkan Jutaan Rokok Ilegal dengan Cara Dibakar

Terlabih produk perikanan, seperti udang, tuna, kerapu, dan kepiting menjadi andalan dalam menembus pasar internasional.

Dia berharap dengan adanya ekspor ini diharapkan kesejahteraan masyarakat dan perekonomian di Maluku semakin meningkat.

"Kami berkomitmen penuh untuk mendukung ekspor, baik dalam skala besar maupun kecil, dengan memberikan pelayanan prima guna memastikan kelancaran dan peningkatan ekspor dari wilayah Maluku,” pungkasnya. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler