Bea Cukai Banyuwangi Gagalkan Pengiriman Arak Bali & Rokok Ilegal, Tuh Lihat Barbuknya!

Jumat, 31 Mei 2024 – 14:29 WIB
Bea Cukai Banyuwangi menggelar konferensi pers terkait digagalkannya pengiriman minuman mengandung etil alkohol (MMEA), berupa arak bali dan rokok tanpa pita cukai di wilayah Banyuwangi. Foto: Dokumentasi Humas Bea Cukai

jpnn.com, BANYUWANGI - Tim Penindakan dan Penyidikan Bea Cukai Banyuwangi kembali menunjukkan komitmen kuat dalam memberantas peredaran barang kena cukai ilegal.

Upaya ekstra yang dilakukan melalui pengawasan membuahkan hasil dengan berhasilnya digagalkannya pengiriman minuman mengandung etil alkohol (MMEA) dan rokok tanpa pita cukai di wilayah Banyuwangi.

BACA JUGA: Bahas Arus Logistik, Bea Cukai Perkuat Sinergi dengan Perum Bulog & Stranas PK

Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan Bea Cukai Banyuwangi Didik Nurjayadi mengungkapkan penindakan itu dilakukan setelah tim menerima laporan dari masyarakat terkait adanya indikasi peredaran MMEA dan rokok ilegal tanpa pita cukai di daerah tersebut.

"Setelah melakukan pendalaman informasi untuk memastikan keakuratan data, operasi pengawasan pun digelar sepanjang Jalan Raya Situbondo, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi," ungkap Didik dalam keterangan resminya, Jumat (31/5).

BACA JUGA: Penyelundupan 184 Ribu Rokok Ilegal Digagalkan, Bea Cukai Batam Terapkan Ultimum Remedium

Operasi dimulai pada pukul 01.00 WIB dan berhasil menindak tiga kendaraan dalam waktu yang relatif singkat.

Pada pukul 02.30 WIB, penindakan pertama dilakukan terhadap sebuah pikap yang melintas dari Denpasar menuju Pulau Jawa yang mengangkut arak bali tanpa pita cukai.

BACA JUGA: Cegah Peredaran Narkotika, Bea Cukai Gelar Penindakan dan Pemusnahan di 2 Wilayah Ini

Setengah jam kemudian, penindakan kedua berhasil dilakukan terhadap sebuah truk dari Denpasar menuju Pulau Jawa yang mengangkut barang yang sama.

Total barang bukti yang berhasil diamankan dalam dua penindakan tersebut adalah 2.902 botol arak bali masing-masing berisi 600 ml, dan 10 jeriken masing-masing berisi 30 liter arak bali tanpa pita cukai.

Tidak hanya itu, pada pukul 06.00 WIB, Tim Bea Cukai Banyuwangi juga berhasil menindak sebuah pikap dari Madura yang mengangkut 7 ribu batang rokok tanpa pita cukai.

"Keberhasilan ini tidak lepas dari informasi masyarakat yang kami terima dan upaya intensif dari tim kami di lapangan," ujar Didik.

Dia menyampaikan dari ketiga penindakan tersebut, Tim Penindakan dan Penyidikan Bea Cukai Banyuwangi berhasil mengamankan total barang bukti berupa 2.401 liter arak bali dengan nilai barang Rp 102.060.000, dan 7 ribu batang rokok tanpa pita cukai dengan nilai barang Rp 9.660.000.

"Kami juga berhasil mencegah kerugian negara sebesar Rp 211.383.200," ungkap Didik.

Barang-barang kena cukai yang ditindak tersebut melanggar Pasal 56 Undang-Undang Nomor 39 tahun 2007 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 tahun 1995 tentang Cukai.

Pasal ini menjelaskan bahwa setiap orang yang menimbun, menyimpan, memiliki, menjual, menukar, memperoleh, atau memberikan barang kena cukai yang diketahuinya atau patut diduganya berasal dari tindak pidana dapat dipidana penjara paling singkat satu tahun dan paling lama lima tahun.

Dia menegaskan penindakan ini merupakan bagian dari komitmen Bea Cukai Banyuwangi untuk memberantas peredaran barang kena cukai ilegal di wilayahnya.

"Kami akan terus meningkatkan pengawasan dan penindakan untuk melindungi masyarakat dan negara dari dampak negatif peredaran barang ilegal," tegas Didik.

Didik menyampaikan dengan keberhasilan ini, Bea Cukai Banyuwangi berharap dapat memberikan efek jera bagi pelaku pelanggaran dan mengajak masyarakat untuk bersama-sama menggempur barang kena cukai ilegal demi menjaga stabilitas ekonomi dan keamanan negara. (mrk/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler