Bea Cukai Beri Fasilitas Fiskal untuk Dukung Latihan Bersama TNI AL dan Tentara AS

Selasa, 16 Juli 2024 – 21:22 WIB
Bea Cukai memberikan fasilitas fiskal, berupa pembebasan bea masuk atas barang-barang keperluan Latihan Bersama (Latma) JCET Flash Thunder Iron 2024 TNI AL dengan tentara Amerika Serikat, yakni United States Navy Sea, Air and Land Teams (US Navy SEALs). Foto: Dokumentasi Humas Bea Cukai

jpnn.com, SIDOARJO - Bea Cukai memberikan fasilitas fiskal, berupa pembebasan bea masuk atas barang-barang keperluan Latihan Bersama (Latma) JCET Flash Thunder Iron 2024 TNI AL dengan tentara Amerika Serikat, yakni United States Navy Sea, Air and Land Teams (US Navy SEALs).

Hal ini dilakukan dalam mendukung pelaksanaan tugas TNI untuk pertahanan dan keamanan negara.

BACA JUGA: Bea Cukai Purwokerto Menerbitkan NPPBKC untuk 3 Pabrik Rokok di Banyumas

Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Juanda Agung Wibowo mengatakan instansinya turut hadir dalam pembukaan acara Latma JCET Flash Thunder Iron 2024 TNI dengan US Navy SEALs yang dilaksanakan di Mako Puskopaska TNI AL pada Senin (8/7).

“Bea Cukai sebagai instansi yang bertugas mengawasi lalu lintas barang antarnegara hadir memberikan fasilitas fiskal, berupa pembebasan bea masuk atas logistik yang digunakan dalam kegiatan Latihan Bersama tersebut,” ujar Agung dalam keterangan resminya, Selasa (16/7).

BACA JUGA: Bea Cukai Tingkatkan Sinergi Pengawasan di Perairan Kepri & Sekitarnya Lewat Operasi Trident

Agung menjelaskan pemberian pembebasan bea masuk sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 91/PMK.04/2021 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 191/PMK.04/2016 mengenai Pembebasan Bea Masuk atas Impor Persenjataan, Amunisi, Perlengkapan Militer dan Kepolisian, termasuk Suku Cadang, serta Barang dan Bahan yang Dipergunakan untuk Menghasilkan Barang yang Dipergunakan bagi Keperluan Pertahanan dan Keamanan Negara.

Kementerian Keuangan mengatur pembebasan bea masuk ini sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan militer Indonesia dalam menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari berbagai ancaman, baik dari dalam maupun luar negeri.

BACA JUGA: Bea Cukai Gagalkan Penyelundupan 156 Ekor Belangkas dan Benih Sawit Tujuan Malaysia

“Dukungan Kementerian Keuangan dalam pemberian fasilitas fiskal ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peningkatan kemampuan pertahanan dan keamanan nasional sekaligus memperkuat sinergi antarinstansi dalam menjaga pertahanan dan keamanan negara,” pungkas Agung. (mrk/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler