Bea Cukai Beri Kemudahan Kedatangan 27 Superbike Honda NSF250R di Tanjung Perak  

Selasa, 19 Oktober 2021 – 21:25 WIB
Petugas Bea Cukai memeriksa kedatangan Superbike Honda NSF250R yang tiba di Pelabuhan Tanjung Perak, Kamis (14/10). Foto: Bea Cukai.

jpnn.com, SURABAYA -  Bea Cukai Tanjung Perak memberikan dukungan terhadap pelaksanaan Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) yang akan berlaga di Sirkuit Pertamina Mandalika, November nanti.

Dukungan diberikan saat kedatangan 27 Superbike Honda NSF250R beserta atributnya tiba di Pelabuhan Tanjung Perak pada Kamis (14/10).

BACA JUGA: Kesuksesan PON Papua Jadi Barometer Pelaksanaan World Superbike 2021 Mandalika

Kepala Kantor Bea Cukai Tanjung Perak Sodikin menyampaikan pihaknya memberikan pelayanan atas pemasukan barang terkait event IATC 2021 menggunakan fasilitas Admission Temporaire-Temporary Admission (ATA) Carnet.

Penggunaan ATA Carnet terhadap importasi kendaraan bermotor ini sebagai wujud pelayanan prima dalam proses kepabeanan yang berlangsung.

BACA JUGA: Ikhtiar Polda NTB Selenggarakan World Superbike, Rela Antar dan Jemput Warga

Sodikin berharap dengan dukungan tersebut pelaksanaan IATC 2021 dapat berjalan dengan lancar sehingga mendongkrak sektor pariwisata di Indonesia sebagai salah satu strategi pemulihan ekonomi nasional

“Kami bersiap-siap untuk mulai menyambut helatan internasional seperti ini dan akan kami berikan pelayanan secara maksimal,” ujar Sodikin.

BACA JUGA: Bea Cukai Menyisir 20 Lokasi di Batam dan Pekanbaru, Hasilnya Mencengangkan

Perlu diketahui, ATA Carnet merupakan dokumen yang berfungsi sebagai pemberitahuan pabean untuk beberapa jenis barang seperti barang pameran atau pekan raya, barang profesional, barang tujuan pendidikan atau keilmuan, dan tujuan kemanusiaan.

Melalui penggunaan ATA Carnet, peserta perlombaan diizinkan mengimpor kendaraan, dengan catatan setelah berakhirnya perlombaan maka dilakukan ekspor kembali.

Kejuaraan IATC sendiri akan digelar di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 12 -14 November nanti.

Sebagai informasi, Asia Talent Cup merupakan kompetisi balap motor yang bertujuan mengasah skill para pembalap muda dari penjuru benua Asia. Kejuaraan ini juga akan menjadi kejuaraan balap motor pertama yang akan mencicipi sirkuit Mandalika.

“Kami akan terus memberikan dukungan atas segala bentuk strategi pemulihan ekonomi nasional yang dicanangkan pemerintah," tegas Sodikin. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler