Bea Cukai Berikan Edukasi Terkait Tugas dan Fungsi Kepada Mahasiswa

Rabu, 10 Juli 2024 – 20:34 WIB
Bea Cukai Pangkalpinang dan Semarang menerima kunjungan studi dari pelajar dan mahasiswa. Foto: dok Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai Pangkalpinang dan Semarang menerima kunjungan studi dari pelajar dan mahasiswa.

Kunjungan studi itu bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan memberikan pemahaman kepada peserta tentang peran dan fungsi Bea Cukai dalam perekonomian negara.

BACA JUGA: Bea Cukai Dukung Kesuksesan Penyelenggaraan MXGP 2024 di Lombok

Dalam kegiatan bertajuk “School Goes To Customs”, para siswa dari SMK Negeri 1 Sungailiat berkunjung ke Kantor Bea Cukai Pangkalpinang pada Kamis (6/6).

Serupa hal tersebut, melalui kegiatan “Campus Goes To Customs”, para mahasiswa dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Totalwin berkunjung ke Kantor Bea Cukai Semarang, Selasa (9/7).

BACA JUGA: Tegas, Bea Cukai Musnahkan Puluhan Juta Batang Hasil Tembakau Ilegal

Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Encep Dudi Ginanjar mengungkapkan pihaknya memiliki fungsi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan melindungi Indonesia dari masuknya barang-barang terkena larangan dan pembatasan (lartas).

“Bea Cukai menjalankan empat peran utama, yaitu sebagai industrial assistance, trade facilitator, community protector, dan revenue collector,” ujar Encep.

BACA JUGA: Bea Cukai Malang Dorong Pelaku UMKM Bisa Ekspor Secara Mandiri Lewat Asistensi

Dalam hal dukungan untuk industri dalam negeri, Bea Cukai sebagai industrial assistance dan trade facilitator, turut memberikan dukungan melalui pemberian fasilitas kepabeanan dan cukai.

Fasilitas tersebut dapat berupa relaksasi fiskal, kemudahan layanan, dan asistensi peraturan.

Sedangkan Bea Cukai sebagai community protector memiliki tugas untuk melindungi pasar dalam negeri dari ancaman barang-barang asing yang mungkin berbahaya dan tidak sesuai dengan standar dalam peraturan yang berlaku.

Di sisi penerimaan, maksud dari Bea Cukai sebagai revenue collector adalah bahwa Bea Cukai turut menghimpun penerimaan negara melalui penetapan tarif bea masuk, bea keluar, dan cukai yang dikenakan untuk barang-barang tertentu.

Encep berharap kunjungan dari pelajar dan mahasiswa ini dapat menciptakan hubungan positif antara Bea Cukai dengan institusi pendidikan untuk turut mencedaskan kehidupan bangsa.

“Kami ucapkan terima kasih kepada para pelajar dan mahasiswa yang melaksanakan kunjungan studi. Semoga edukasi yang diberikan dapat meningkatkan pemahaman mengenai kepabeanan dan cukai,” pungkas Encep. (jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bea Cukai Sita 840.400 Batang Rokok Ilegal Dalam Bus di Blitar, Begini Kronologinya


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Dedi Sofian, JPNN.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler