Bea Cukai Berupaya Perkuat Integritas Pegawai Lewat P2KP

Jumat, 03 September 2021 – 20:50 WIB
Pangkalan Sarana Operasi (PSO) Bea Cukai Batam menyelenggarakan webinar kebangsaan dan penguatan integritas dengan tema Patriotisme dan Anti Korupsi di Era Kini, Selasa (31/8). Foto: Bea Cukai.

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai melaksanakan program pembinaan keterampilan pegawai (P2KP) dan webinar.

Kegiatan memanfaatkan bulan kemerdekaan itu menindaklanjuti Surat Edaran Direktur Jenderal Bea dan Cukai nomor SE—5/BC/2021.

BACA JUGA: Bea Cukai Lampung Serahkan Sertifikat AEO untuk PT Great Giant Pineapple

Kasubdit Komunikasi dan Publikasi Bea Cukai Tubagus Firman mengatakan, integritas merupakan komitmen untuk bekerja secara sungguh-sungguh dan sesuai dengan ketentuan.

Tujuannya tentu bersama-sama berupaya demi memajukan bangsa.

BACA JUGA: Bea Cukai Beri Asistensi Pelaku Usaha Lewat CVC di 4 Wilayah Ini

Di Jawa Timur, Bea Cukai Bojonegoro melaksanakan P2KP dan internalisasi SE-5/BC/2021 pada Kamis (26/8).

Dalam kegiatan ini, Bea Cukai Bojonegoro menekankan pentingnya menjaga integritas dalam pelaksanaan tugas serta sikap integritas merupakan identitas yang melekat dalam diri setiap pegawai.

BACA JUGA: Langkah Nyata Bea Cukai Dukung Percepatan NLE di Pelabuhan Tanjung Emas

Pada kesempatan itu juga dicanangkan terbentuknya Tim Jagasatya sebagai tim penguatan integritas di Bea Cukai Bojonegoro.

“Bea Cukai Bojonegoro telah menjalankan program penguatan integritas, antara lain implementasi sikap dasar, kepemimpinan, pemetaan titik rawan integritas, pengawasan dan pencegahan, whistle blowing dan benturan kepentingan dan lain-lain," sebutnya.

Firman menegaskan, kegiatan tersebut merupakan langkah yang baik demi kemajuan Bea Cukai.

Demi perkuat integritas pegawainya, Pangkalan Sarana Operasi (PSO) Bea Cukai Batam menyelenggarakan webinar kebangsaan dan penguatan integritas dengan tema Patriotisme dan Anti Korupsi di Era Kini, Selasa (31/8).

PSO Bea Cukai Batam berkomitmen menjaga integritas dan meningkatkan kualitas kinerja.

Selain itu, siap membangun zona integritas menuju wilayah bebas korupsi (WBK) seperti yang dicanangkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen-PAN RB).

“Komitmen tersebut telah terbukti dengan berbagai prestasi yang diraih PSO Bea Cukai Batam," kata Firman.

Firman menambahkan, komitmen lainnya juga diwujudkan dengan memperkuat sinergi dan kolaborasi dengan stakeholder, pengguna layanan sarana operasi, jajaran vertikal Kemenkeu, aparat penegak hukum (APH) lainnya.

PSO Bea Cukai Batam juga berkomitmen meningkatkan kinerja dan pelayanan.

Wujud nyatanya dengan menyiapkan saluran pengaduan masyarakat melaui surat elektronik pengaduanpsobatam@gmail.com atau telepon (0778) 322196 sebagai bagian dari semangat siap untuk dikoreksi, diberikan masukan, atau dilaporkan jika terdapat pelangaran.

Dalam webinar tersebut dihadiri Kepala Pusat Analisis dan Harmonisasi Kebijakan (PUSHAKA) Kementerian Keuangan, Dr. Wempi Saputra, S.E., M.P.F dan pegawai PSO Bea Cukai Batam bersertifikat Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Sidig Wardoyo sebagai narasumber.

Hadir juga berbagai APH terkait lainnya sebagai peserta.

“Sebagai generasi penerus, kita harus memegang teguh nilai-nilai integritas dan menjadikan integritas sebagai sebuah budaya dalam bekerja. Mari kita bersama-sama lebih semangat dalam membangun budaya integritas dan dimulai dari hal kecil di sekitar kita,” pungkas Firman. (mar1/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bea Cukai Ingatkan Masyarakat Jangan Panik Hadapi Modus Penipuan Seperti Ini


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Tim Redaksi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler