Bea Cukai Dampingi Kinerja Industri Dalam Negeri Melalui Program Ini

Jumat, 25 Maret 2022 – 22:23 WIB
Bea Cukai secara kontinu mengunjungi perusahaan dalam program customs visit customer (CVC) untuk mengoptimalkan pelayanan di bidang kepabeanan dan cukai. Foto: Humas Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai berupaya mengoptimalkan pelayanan di bidang kepabeanan dan cukai dengan menggelar customs visit customer (CVC) di Bandung, Jakarta, Morawa, dan Tanjung Selor.

Kasubdit Humas dan Penyuluhan Bea Cukai Hatta Wardhana mengungkapkan, untuk meningkatkan kepatuhan pengguna jasa, pihaknya mengunjungi perusahaan dalam agenda CVC.

BACA JUGA: Bea Cukai Perkuat Integritas Jajarannya dengan Jurus Ini

“Selain menilai kepatuhan pengguna jasa, kunjungan ini untuk mendengar langsung kendala yang dihadapi pengusaha di lapangan,” ucap Hatta.

Kemudian, Bea Cukai Bandung berkunjung ke PT Grand Textile Industry, salah satu perusahaan pengguna fasilitas kawasan berikat, Rabu (16/3).

BACA JUGA: Bea Cukai Musnahkan Barang Ilegal Ini, Nilainya Fantastis

Industri tekstil termasuk salah satu industri yang terdampak pandemi Covid-19.

Pada 2020, industri tekstil sempat mengalami pertumbuhan negatif 8,8 persen.

BACA JUGA: Bea Cukai Fasilitasi Ekspor Produk Dalam Negeri dari Dua Daerah Ini

Melalui asistensi yang dilakukan Bea Cukai, diharapkan perekonomian dapat tumbuh positif melalui peningkatan kinerja ekspor.

Sementara itu, di Tanjung Morawa, Bea Cukai Belawan berkunjung ke PT Indojaya Agrinusa, salah satu perusahaan Mitra Utama Kepabeanan, Selasa (22/3).

PT Indojaya Agrinusa merupakan perusahaan agrifood penghasil protein hewani.

Sebelumnya, Bea Cukai Tarakan juga melaksanakan kunjungan kerja ke salah satu perusahaan yang bergerak di bidang Pembangkit Listrik Tenaga Uap Gas (PLTUG) dan Coal Upgrading (Semi Coke) PT Megah Energi Khatulistiwa, Rabu (16/3).

Di Jakarta, Bea Cukai Marunda berkesempatan mengunjungi PT Sari Dumai Oleo, perusahaan yang bergerak pada olahan sawit, Rabu (9/3).

Produk olahan sawit merupakan produk ekspor menjanjikan yang dapat menopang perekonomian Indonesia.

Dalam sehari, PT Sari Dumai Oleo mampu memproduksi 300 ton produk per hari.

Banyaknya hasil produksi diharapkan menghasilkan profit yang melimpah.

“Dalam kegiatan CVC, Bea Cukai melihat langsung proses bisnis di lapangan. Kami berharap kepatuhan perusahaan dapat meningkat dan kendala di lapangan teratasi melalui bantuan Bea Cukai,” tandas Hatta. (mrk/jpnn)


Redaktur : Tarmizi Hamdi
Reporter : Tarmizi Hamdi, Tarmizi Hamdi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler