Bea Cukai Edukasi Ketentuan Impor ke Para Pegiat Akademik

Senin, 06 Mei 2024 – 17:39 WIB
Bea Cukai melalui unit penyuluhannya, memberikan sosialisasi kepada mahasiswa di wilayah Makassar dan Yogyakarta. Foto: dok Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai melalui unit penyuluhannya, memberikan sosialisasi kepada mahasiswa di wilayah Makassar dan Yogyakarta.

Materi yang disampaikan meliputi pengenalan tugas dan fungsi Bea Cukai, peran Bea Cukai dalam APBN, dan kiat-kiat untuk menghindari penipuan yang mengatasnamakan Bea Cukai.

BACA JUGA: Disebut Sewa Buzzer, Bea Cukai Berkomentar Begini, Tegas

Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Encep Dudi Ginanjar mengungkapkan bahwa sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang Bea Cukai kepada masyarakat.

“Melalui sosialisasi ini, kami berharap masyarakat kian memahami peran Bea Cukai dalam menjaga kedaulatan negara, sehingga tidak ada lagi disinformasi pada masyarakat terhadap Bea Cukai,” ujar Encep.

BACA JUGA: Tegas, Bea Cukai Aceh Musnahkan Jutaan Batang Rokok Ilegal

Kanwil Bea Cukai Sulawesi Bagian Selatan berikan sosialisasi pada mahasiswa Politeknik Bosowa, pada Rabu (24/4).

Sementara itu, Bea Cukai Yogyakarta menggandeng tim radio Unisi FM, mengudara melalui siaran dalam bahasan fasilitas kemudahan impor barang untuk keperluan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan, pada Jumat (26/04).

Siaran tersebut dikhususkan bagi pendengar yang bertindak sebagai pegiat akademik.

BACA JUGA: Bea Cukai Bantu Evakuasi Korban Erupsi Gunung Ruang

Meski demikian, masyarakat non-pegiat akademik pun masih dapat mendengarkan juga.

Dalam sosialisasi tersebut disampaikan bahwa terhadap barang impor untuk keperluan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan mendapatkan pembebasan masuk dan fasilitas tidak dipungut PPN dan PPnBM.

Sebagai penyuluh kepabeanan dan cukai, petugas penyuluh di unit vertikal juga memberikan imbauan pada masyarakat agar mewaspadai penipuan yang mengatasnamakan Bea Cukai.

Apabila terdapat indikasi penipuan, maka masyarakat dapat melaporkan ke contact center Bea Cukai pada nomor 1500225. (jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Usut Kasus Korupsi, KPK Periksa Sejumlah Pejabat Bea Cukai


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Dedi Sofian, Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Bea Cukai   impor   akademik   Mahasiswa  

Terpopuler