Bea Cukai Gelar Sosialisasi UMKM Week Daerah 2024 Serentak di Seluruh Indonesia

Senin, 08 Juli 2024 – 16:57 WIB
Kantor-kantor pelayanan Bea Cukai di seluruh Indonesia menggelar sosialisasi UMKM Week Daerah 2024 pada 2-4 Juli. Foto: Dokumentasi Humas Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Kantor-kantor pelayanan Bea Cukai di seluruh Indonesia menggelar sosialisasi UMKM Week Daerah 2024 pada 2-4 Juli.

Kegiatan yang mengangkat tema 'UMKM Berani Ekspor, karena Ekspor Itu Mudah' itu merupakan rangkaian dari event berskala nasional yang diselenggarakan Bea Cukai setiap tahunnya, yaitu UMKM Week 2024.

BACA JUGA: Kanwil Bea Cukai Banten Raih Penghargaan Atas Partisipasi Aktif dalam Program P4GN

Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai Encep Dudi Ginanjar menyampaikan kegiatan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan masyararakat umum terkait usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

"Bagaimana UMKM bisa ekspor dan mengembangkan bisnisnya, serta peran Bea Cukai untuk UMKM," kata Encep dalam keterangan resminya, Senin (8/7).

BACA JUGA: Top, Bea Cukai Bongkar Penyelundupan Satwa Liar di Perbatasan Indonesia-PNG

Dia menyebutkan beberapa kantor Bea Cukai yang telah menggelar Sosialisasi UMKM Week Daerah, di antaranya Kanwil Bea Cukai Kalimantan Bagian Timur (Kalbagtim), Kanwil Bea Cukai Banten, Kanwil Bea Cukai Kalbagbar, dan Bea Cukai Pontianak.

Di Kaltim, Bea Cukai Samarinda menggelar sosialisasi UMKM Week Daerah 2024 di Kota Samarinda pada Rabu (3/7).

BACA JUGA: Sosialisasi UMKM Week Daerah Digelar Bea Cukai di Sejumlah Daerah, Ada yang Unik

Acara itu berfokus pada kunjungan, asistensi, dan pendampingan kepada CV Sri Ningsih, UMKM kategori siap ekspor dengan produk lulur hitam.

"Untuk itu, Kanwil Bea Cukai Kalbagtim berkomitmen mendukung UMKM seperti CV Sri Ningsih dalam melangkah ke pasar global," terang Encep.

Di hari yang sama, Kanwil Bea Cukai Kalbagbar dan Bea Cukai Pontianak juga menggelar kegiatan serupa.

Kegiatan yang berlangsung di Kanwil Bea Cukai Kalbagbar tersebut diisi juga dengan expo UMKM dengan tema 'Berkarya Bersama Membangun Bangsa'.
Dalam pelaksanaannya, Kanwil Bea Cukai Kalbagbar dan Bea Cukai Pontianak berkolaborasi dengan unit-unit eselon I Kementerian Keuangan, BI, BRI, Bank Kalbar, PNM, Topindo, dan OJK.

Di acara sosialisasi itu, para peserta yang merupakan pelaku UMKM menerima materi kemudahan ekspor, dengan fokus pada bagaimana produk UMKM dapat melakukan ekspor dan bersaing dengan produk luar negeri.

"Selain diberikan pengetahuan tentang ekspor, para peserta juga didorong untuk mampu memperkuat ikatan di antara pelaku UMKM dan berkontribusi pada perkembangan ekonomi lokal," tambah Encep.

Kegiatan serupa juga digelar Kanwil Bea Cukai Banten pada Kamis (4/07) di Aula Bea Cukai Tangerang dengan berkolaborasi bersama berbagai pihak.
Sosialisasi tersebut dihadiri 70 pelaku UMKM secara luring dan 30 UMKM secara daring.

Narasumber yang hadir dalam kegiatan itu ialah perwakilan perusahaan jasa titipan FedEx, Bank Syariah Indonesia, Shopee Indonesia, dan Pusat Layanan Usaha Terpadu Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Banten.

Dalam sosialisasi tersebut, perwakilan Bea Cukai berkesempatan mendengarkan secara langsung permasalahan-permasalahan dan hal-hal yang dibutuhkan para pelaku UMKM untuk dapat mengekspor produknya.

Acara ini pun menjadi wujud dukungan Kanwil Bea Cukai Banten dan unit vertikal di bawahnya untuk UMKM di Provinsi Banten.

Encep menambahkan seluruh rangkaian Sosialisasi UMKM Week Daerah 2024 yang digelar kantor-kantor pelayanan Bea Cukai diharapkan dapat memberi manfaat bagi para pelaku UMKM.

Keikutsertaan para pelaku UMKM di dalam kegiatan ini menunjukkan komitmen nyata dalam mengembangkan usaha demi membantu perekonomian negeri.

"Semoga para pelaku UMKM tetap bersemangat dalam mengembangkan usaha dan tetap mau belajar memahami seluk beluk pengembangan produk," ujar Encep. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler