Bea Cukai Jabarkan Tugas dan Fungsinya kepada Para Mahasiswa di Sejumlah Daerah

Selasa, 01 November 2022 – 22:19 WIB
Bea Cukai memberikan pemaparan soal aturan kepabeanan dan cukai kepada para mahasiswa di sejumlah daerah. Ilustrasi Foto: Humas Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai terus memberikan sosialisasi kepada mahasiswa. Upaya tersebut dilaksanakan dengan mengunjungi mahasiswa di sejumlah daerah, seperti Badung, Yogyakarta, Langsa, dan Semarang.

Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai Hatta Wardhana mengungkapkan pihaknya menerima kunjungan studi yang berlangsung di Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Bali Nusa Tenggara (Nusra) dan Kantor Bea Cukai Yogyakarta pada Jumat (21/10). 

BACA JUGA: Bea Cukai Gelar Sosialisasi dan Asistensi di 3 Wilayah untuk Mendorong Ekspor

Di Badung, Kanwil Bea Cukai Bali Nusra menerima kunjungan dari mahasiswa Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional dalam rangka studi lapangan. 

Sementara itu, Bea Cukai Yogyakarta menerima kunjungan studi dari mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA).

BACA JUGA: Bea Cukai Lakukan Penindakan Rokok Ilegal, Jumlah Wow Banget

Penyampaian informasi kepada mahasiswa menjadi momentum yang tepat untuk meningkatkan pengetahuan khususnya di bidang kepabeanan dan cukai. 

‘’Hal ini juga sebagai sarana yang tepat untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat akan maraknya penipuan mengatasnamakan Bea Cukai,” ujar Hatta.

BACA JUGA: Bea Cukai Musnahkan Barang Ilegal Hasil Penindakan di 2 Wilayah Ini, Sebegini Jumlahnya

Hatta mengatakan sosialisasi kepada mahasiswa merupakan salah satu cara membangun hubungan baik dengan civitas academica

Bea Cukai Langsa hadir sebagai narasumber dalam kegiatan training soft skill yang diselenggarakan oleh Politeknik Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Profesi (LP3I) Kampus Langsa dengan tema Leadership and Creative Thinking pada Senin (24/10). 

Selain materi kepemimpinan, Bea Cukai Langsa menyampaikan tentang antikorupsi yang berjudul Orange Juice for Integrity: Belajar Integritas kepada Tokoh Bangsa.

Selanjutnya, di Semarang, dalam rangka memperdalam ilmu pengawasan kebeacukaian, 121 mahasiswa Program Studi S-1 Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Diponegoro melakukan kunjungan ke Bea Cukai Tanjung Emas dalam kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL), Selasa (25/10). 

Selain berkunjung ke Kantor Bea Cukai Tanjung Emas, para mahasiswa berkesempatan untuk mengunjungi Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS) untuk melihat langsung pemeriksaan fisik impor jalur merah.

Hatta menyampaikan mahasiswa diharapkan mampu mendapatkan pengalaman dan ilmu yang berharga, terutama dalam menggali informasi tugas dan fungsi Bea Cukai sebagai organisasi yang memiliki peran besar terutama terkait negosiasi perdagangan internasional.

“Melalui sosialisasi ini, pemahaman masyarakat akan aturan kepabeanan dan cukai meningkat sehingga membantu mengoptimalkan kinerja pengawasan dan pelayanan Bea Cukai. Lalu, dapat meminimalkan pelanggaran aturan kepabeanan dan cukai,” kata Hatta. (mrk/jpnn)


Redaktur : Tarmizi Hamdi
Reporter : Tarmizi Hamdi, Tarmizi Hamdi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler