Bea Cukai Mendongkrak Pariwisata dan Pendidikan Indonesia dengan Cara Ini

Kamis, 21 Juli 2022 – 20:18 WIB
Bea Cukai ikut memajukan pariwisata dan pendidikan Indonesia. Ilustra foto: Humas Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai turut mendukung kemajuan dua sektor penting pembangunan bangsa ini, yaitu pariwisata dan pendidikan. 

Melalui optimalisasi layanan kepabeanan, Bea Cukai ikut menyukseskan kegiatan “Wonderful Sail to Indonesia” dan Kontes Robot Indonesia (KRI) Tingkat Nasional yang digelar pada Jul.

BACA JUGA: Bea Cukai Mengincar Para Mahasiswa di Daerah Ini untuk Jadi Target Sosialisasi

Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai Hatta Wardhana pada Kamis (21/7) mengatakan, dalam pelaksanaan Wonderful Sail to Indonesia di Pelabuhan Uf-Mar, Maluku Tenggara, Bea Cukai Tual memberikan kemudahan pelayanan dokumen kepabeanan.

Kemudahan tersebut diberikan kepada kapal wisata (yacht) yang ikut serta dalam acara ini.

BACA JUGA: Bea Cukai Semarang Gencar Edukasi Masyarakat Soal Cukai dan Rokok Ilegal di 3 Daerah Ini

"Setelah sempat vakum selama dua tahun akibat pandemi Covid-19, akhirnya ajang internasional yang merupakan salah satu bentuk promosi destinasi wisata di wilayah Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara tersebut kembali digelar,’’ ungkapnya.

Untuk mendukung kesuksesan pelaksanaan acara ini, Bea Cukai bersinergi dengan Imigrasi, Karantina, Syahbandar, dan instansi terkait lain di Kabupaten Maluku Tenggara dan Kota Tual untuk mengoptimalkan pelaksanaan tugas. 

BACA JUGA: Bantu Sarung Tangan Tembus Pasar Internasional, Bea Cukai Berikan Fasilitas KITE

Bea Cukai membantu melayani pemasukan dan pengeluaran yacht peserta acara dan memastikan seluruh aturan kepabeanan yang berlaku terpenuhi dengan baik.

Terselenggaranya kembali acara ini dapat membuat destinasi wisata di Kota Tual dan Maluku Tenggara lebih dikenal luas dan meningkatkan perekonomian.

Dukungan Bea Cukai melalui optimalisasi layanan kepabeanan juga tecermin dalam pelaksanaan ajang Kontes Robot Indonesia (KRI) tingkat nasional. 

Hatta menjelaskan, dalam upaya mendukung kreativitas dan inovasi anak bangsa, Bea Cukai Batam memberikan fasilitas pengeluaran sementara terhadap barang-barang yang digunakan Politeknik Batam dalam ajang KRI 2022. 

Fasilitas ini diberikan guna melancarkan Politeknik Batam melaju di kompetisi robot tersebut pada 29 Juni–3 Juli 2022 di Surabaya.

Politeknik Batam menjadi Batam dalam ajang kompetisi KRI tingkat nasional. Sebanyak 121 tim dari 54 kampus se-Indonesia bersaing menjadi yang terbaik pada setiap kategori lomba.

Barelang Robotics Team, demikian sebutan tim robot kebanggaan Politeknik Batam, memiliki sejarah panjang dan prestasi yang cukup membanggakan dengan banyak menjuarai kontes robot di tingkat wilayah, nasional, maupun internasional. 

Di ajang KRI 2022, Barelang Robotics Team menurunkan robot-robotnya untuk berlaga di lima kategori lomba.

Yaitu, Kontes Robot ABU Robocon Indonesia (KRAI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid, Kontes Robot Sepak Bola Beroda Indonesia (KRSBBI), Kontes Robot Search and Rescue Indonesia (KRSRI), dan Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI). 

Hatta menyatakan upaya dan fasilitas yang diberikan Bea Cukai Batam mendukung anak-anak bangsa, khususnya di Kota Batam, untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi. 

“Bea Cukai tidak ingin kreativitas dan inovasi anak bangsa terhambat hanya karena permasalahan pengeluaran barang. Untuk itu, Bea Cukai Batam berupaya memberikan fasilitas terbaik kepada  tim robot Polibatam,’’ ungkapnya. (mrk/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur & Reporter : Tarmizi Hamdi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler