Bea Cukai Mendorong Ekspor Komoditas Unggulan di Tiga Daerah Ini

Rabu, 26 Januari 2022 – 20:54 WIB
Bea Cukai terus mendorong ekspor produk UMKM agar dapat berjalan lancar. Foto: Humas Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai terus mendorong ekspor komoditas unggulan daerah untuk mendukung program pemulihan ekonomi nasional.

Karena itu, kantor-kantor pelayanan Bea Cukai di berbagai daerah bersinergi dengan beberapa instansi terkait.

BACA JUGA: Bea Cukai Fasilitasi Ekspor Perdana Komoditas Daerah

Kasubdit Humas dan Penyuluhan Bea Cukai Hatta Wardhana pada Rabu (26/1) mengatakan, sinergi ekspor daerah tecermin dari pelaksanaan kunjungan kerja Bea Cukai Palangka Raya ke Balai Karantina Pertanian Kelas II Palangka Raya.

"Dalam kunjungan yang terlaksana pada 11 Januari 2022 tersebut, Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai Palangka Raya Togap Maruasas berdiskusi dengan Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas II Provinsi Kalimantan Tengah Iyus Hidayat untuk membahas syarat ekspor produk gaharu, yang kami gali potensi ekspornya,'' ucapnya.

BACA JUGA: Bea Cukai Meninjau Proses Bisnis dan Memberi Asistensi Kepabeanan

Hatta menjelaskan, gaharu adalah kayu berwarna kehitaman dan mengandung resin khas yang dihasilkan sejumlah spesies pohon dari marga/genus Aquilaria, terutama A. malaccensis.

Dengan adanya kegiatan tersebut, Hatta berharap dapat menjadi awal kerja sama antara kedua pihak dalam menggerakan ekspor di Provinsi Kalimantan Tengah.

BACA JUGA: Bea Cukai dan Polri Bergerak, Sikat Penyelundupan Rokok Ilegal Senilai Rp 6,6 Miliar

Tak hanya lembaga negara, sinergi ekspor dijalin Bea Cukai dengan pemerintah daerah melalui kunjungan koordinasi.

"Pada 21 Januari 2022, Bea Cukai Kediri Berkoordinasi dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Nganjuk serta Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Jombang. Tujuannya, menjalin sinergi untuk memberikan asistensi kepada pelaku usaha," terang Hatta.

Dia menyebutkan, kedua pihak juga membahas kendala dan permasalahan yang dialami para pelaku usaha di wilayah Nganjuk dan Jombang, terutama di lingkup kegiatan ekspor.

“Kami akan mencari solusi yang sesuai dengan aturan kepabeanan yang berlaku agar ekspor produk UMKM dapat terlaksana dengan baik,'' ujarnya.

Sinergi dengan pemerintah daerah juga tecermin dari hadirnya Kantor Bantu Bea Cukai Makassar di beberapa kabupaten di wilayah kerja Bea Cukai Makassar.

"Kami terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah hingga akhirnya menyelenggarakan pelayanan dan pengawasan di Kantor Bantu Bea Cukai Selayar, Kantor Bantu Bea Cukai Bantaeng, dan Kantor Bantu Bea Cukai Bajoe," ucapnya.

Hatta berharap, dengan kehadiran ketiga perwakilan Bea Cukai Makassar di daerah, Bea Cukai dapat memberikan pelayanan terbaik, makin dikenal dan dekat dengan masyarakat, serta memberikan kontribusi dalam menggali potensi ekspor di wilayah Makassar.

"Melalui semangat bersama seperti ini, Bea Cukai berharap upaya pemulihan ekonomi nasional terwujud sehingga perekonomian nasional segera bangkit dan berkembang ke arah yang lebih baik lagi," ucapnya. (mrk/jpnn)


Redaktur : Tarmizi Hamdi
Reporter : Tarmizi Hamdi, Tarmizi Hamdi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler