Bea Cukai Menghadiri Festival Ekspor Jawa Timur 2024 demi Tujuan Penting Ini

Senin, 19 Agustus 2024 – 15:25 WIB
Pelepasan ekspor tanaman anggrek dengan nilai ekspor USD 6.541 tujuan Amerika Serikat oleh BUMDesma Singosari LKD dalam rangkaian Festival Ekspor Jawa Timur 2024. Foto: Dokumentasi Humas Bea Cukai

jpnn.com, SURABAYA - Bea Cukai aktif dalam mendukung ekspor nasional melalui berbagai kegiatan

Dukungan tersebut salah satu dengan kehadiran Bea Cukai dalam Festival Ekspor Jawa Timur 2024 di Hotel Shangri-La, Surabaya pada Rabu (7/8).

BACA JUGA: Sambut MV National Geographic Orion, Bea Cukai Belawan Pastikan Beri Layanan Prima

Festival ini merupakan salah satu bentuk sinergi antara Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Kementerian Keuangan, dan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) dalam menggenjot eskpor.

Kepala Seksi Bimbingan Kepatuhan dan Hubungan Masyarakat Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Jawa Timur (Jatim) I Nangkok P. Pasaribu mengungkapkan pihaknya bersama dengan instansi lainnya dalam festivak kali ini berperan aktif dalam memberikan layanan dan informasi kepada para pelaku usaha berorientasi ekspor.

BACA JUGA: Bea Cukai Fasilitasi Cerutu Asal Jember Mendunia Lewat Toko Bebas Bea

Festival Ekspor dibuka dengan Business Matching oleh 10 UMKM yang hadir dalam festival tersebut.

Acara dilanjutkan dengan talkshow bertema 'Strategi Memperluas Pasar Ekspor' oleh Kementerian Perdagangan, Kementerian Keuangan, dan LPEI.

BACA JUGA: Kanwil Bea Cukai Sulbagsel Gelar Operasi Gempur Sepanjang Juli 2024, Ini Hasilnya

Pada festival tersebut, Penjabat Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono yang turut hadir untuk memberikan penghargaan kepada para peserta festival dengan Kategori Desa Potensi Ekspor, Kategori Instansi & Lembaga Pembina IKM Ekspor, dan Kategori Perusahaan Pendukung IKM Ekspor.

“UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah) Binaan Bea Cukai Malang, yaitu BUMDesma Singosari LKD turut mendapatkan penghargaan dengan kategori Desa Potensi Ekspor,” ujar Nangkok.

Festival Ekspor Jawa Timur 2024 ditutup dengan pelepasan ekspor lima truk produk ekspor, perinciannya tanaman anggrek dengan nilai ekspor USD 6.541 tujuan Amerika Serikat oleh BUMDesma Singosari LKD; produk cokelat rempah dengan nilai ekspor USD 37.500 tujuan Jepang oleh Desa Devisa Kelompok Tani Mulyojati.

Kemudian kerajinan rotan dengan nilai ekspor USD 16,200 tujuan Jepang oleh Desa Devisa Koperasi Griya Giri Sejahtera; produk arang sekam dengan nilai ekspor USD 30 ribu tujuan Korea Selatan oleh PT Aji Bakuh Anugrah; dan produk Richwell Biscuit dengan nilai ekspor USD 8.247.20 tujuan Thailand oleh PT Satoria Agro Industri.

“Dengan terselenggaranya festival ekspor tersebut, diharapkan mampu meningkatkan sinergi antarinstansi dan lembaga dalam rangka mendukung produk dalam negeri supaya mampu bersaing di pasar internasional,” pungkas Nangkok. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler