Bea Cukai Soekarno-Hatta Mengawal Kepulangan 80 WNI dari Ukraina

Rabu, 09 Maret 2022 – 18:35 WIB
Bea Cukai Soekarno-Hatta terus mengawal kepulangan WNI dari Ukraina. Foto: Humas Bea Cukai

jpnn.com, TANGERANG - Kepala Kantor Bea Cukai Soekarno-Hatta Finari Manan beserta seluruh jajaran pimpinan Komunitas Bandara Soekarno-Hatta (Kombata) mengawal kepulangan 80 warga negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari Ukraina pada 3 Maret 2022 di Apron Terminal 3, Senin (7/3).

Finari menjelaskan, WNI tersebut diangkut dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 7730 dan tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada pukul 17.00.

BACA JUGA: Bea Cukai Bersama Polri Amankan Barang Haram Ini, Sebegini Jumlahnya

Finari yang juga berperan sebagai Ketua Kombata menambahkan, Kombata telah menyediakan persiapan pelayanan dalam menyambut kepulangan para WNI ini.

Pelayanan yang diberikan berupa pemeriksaan kesehatan oleh Karantina Kesehatan Pelabuhan (KKP) Soekarno-Hatta, penyelesaian dokumen keimigrasian, serta persetujuan impor barang bawaan penumpang oleh Bea Cukai.

BACA JUGA: Ini Yang Dilakukan Bea Cukai untuk Membantu Ekspor Produk Dalam negeri

''Bea Cukai berkomitmen membantu kelancaran kepulangan para WNI dari Ukraina sebagai perwujudan fungsi kami sebagai pelindung masyarakat,'' ujarnya.

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi yang turut hadir dalam acara penyambutan mengatakan, pemerintah Indonesia akan terus berupaya menjemput WNI beserta keluarganya yang saat ini berada di KBRI di Bucharest, Romania.

BACA JUGA: Bea Cukai Gencarkan Sosialisasi demi Pertumbuhan Industri

“Mari, bekerja sama, bersinergi, seluruh tim yang terlibat dalam proses evakuasi WNI dari Ukraina, yang tentu sangat tidak mudah ini,” ucap Retno.

Sebanyak 80 WNI tersebut selanjutnya dibawa ke Wisma Atlet untuk menjalani karantina lebih dulu.

Kemudian, diizinkan untuk berkumpul kembali dengan keluarganya di Indonesia. (mrk/jpnn)


Redaktur : Tarmizi Hamdi
Reporter : Tarmizi Hamdi, Tarmizi Hamdi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler