Bea Cukai Tetap Memberikan Pelayanan Ekspor Terbaik di Tengah Pandemi Covid-19 

Selasa, 03 Agustus 2021 – 16:10 WIB
Kepala Seksi Hubungan Masyarakat Bea Cukai Sudiro menyatakan Bea Cukai selalu siap mendukung dan membantu kegiatan ekspor dengan memberikan pelayanan terbaik. Foto/Ilustrasi: Bea Cukai.

jpnn.com, JAKARTA - Ekspor merupakan salah satu instrumen pendukung program pemulihan ekonomi nasional. 

Bea Cukai yang menjalankan perannya sebagai industrial assistance dan trade facilitator dalam rangka mendukung program tersebut, terus berupaya mendorong dan memfasilitasi ekspor di masa pandemi Covid-19.

BACA JUGA: Nekat Menyelundupkan Sabu-Sabu di Dubur, RM Diringkus Bea Cukai Batam, Terancam Hukuman Mati 

“Bea Cukai selalu siap mendukung dan membantu kegiatan ekspor dengan memberikan pelayanan terbaik. Bea Cukai juga tak henti-hentinya memberikan asistensi dan menawarkan fasilitas kepada pengguna jasa untuk kemudahan ekspor,” kata Kepala Seksi Hubungan Masyarakat Bea Cukai Sudiro.  

Bea Cukai Ambon melayani ekspor PT Citic Seram Energy Ltd yang terletak di Bula, Maluku, secara simultan. 

BACA JUGA: Ini Hasil Penerimaan Semester I-2021 Bea Cukai Bali Nusra serta Jatim I 

Pemeriksaan sarana pengangkut laut (Kapal MT Elbrus) dilakukan, Selasa (27/7). 

Keesokan harinya dilanjutkan pengawasan pemuatan oseil crude oil sebanyak 299.775 barel dan sounding akhir untuk memastikan jumlah muatan barang ekspornya. 

BACA JUGA: Jenderal Andika: Jaga Kebanggaan Kami, Jaga Kepercayaan Kami

Kemudian, pada Jumat (30/7) dilakukan asistensi submit dokumen PEB sehingga Kapal MT Elbrus dapat berangkat setelah terbit NPE sekitar pukul 21.00 WIT.

Menurut Sudiro, ini merupakan ekspor pertama PT Citic Seram Energy Ltd untuk tahun 2021 ini.

Negara tujuannya adalah Korea Selatan.  

Dia menegaskan ekspor itu menyumbang devisa USD 19.405.895,65.

Sementara itu, Bea Cukai Telukbayur di Sumatera Barat melayani ekspor yang dilakukan CV Amanah Murasaki melalui PPJK Asia Pasific Dirgantara, Jumat (30/7). 

CV Amanah Mursaki mengekspor empat komoditas sekaligus yaitu, jengkol, durian, daun sirih, dan kecombrang, yang merupakan hasil pertanian Sumbar. 

Selanjutnya, akan diterbangkan langsung ke Jepang.

“Ini merupakan angin segar bagi pertanian yang ada di Sumatera Barat di tengah pandemi Covid-19 ini. Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat memicu semangat petani lokal untuk memasarkan produknya ke luar negeri,” harap Sudiro.

Pelayanan ekspor juga terlaksana di Riau. 

Bea Cukai Pekanbaru melayani ekspor perdana PT Mitra Agrinusa Sentosa melalui Pusat Logistik Berikat (PLB) PT Surya Inti Primakarya pada Sabu (31/7). 

Pada pelaksanaan ekspor ini, PT Mitra Agrinusa Sentosa mengirimkan 185.260 ton palm acid oil (PAO) ke Johor, Malaysia yang dimuat dalam sembilan container (flexibag).

Ekspor perdana ini merupakan tindak lanjut dari asistensi Pengusaha dalam Pusat Logistik Berikat (PDPLB) yang dilaksanakan oleh Bea Cukai Pekanbaru pada bulan April lalu. 

“Setelah dilakukannya asistensi, Bea Cukai Pekanbaru giat mendukung dan melayani PT Mitra Agrinusa Sentosa hingga terlaksananya ekspor perdana tersebut,” ujar Sudiro.

Dengan adanya kegiatan ekspor ini, diharapkan dapat menjadi role model bagi perusahaan lain maupun IKM/UMKM untuk memperluas pemasaran produknya di kancah internasional. Fasilitas fiskal berupa penangguhan Bea Masuk dan PDRI yang diberlakukan untuk barang yang diimpor ke PLB diharapkan mampu mendorong eksportir untuk melakukan ekspor melalui PLB. (*/jpnn)


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Bea Cukai   PEN   ekspor   pelayanan  

Terpopuler