Begini Cara Bea Cukai Dorong Ratusan UMKM di Bekasi dan Makassar Tembus Pasar Ekspor

Rabu, 14 Agustus 2024 – 13:52 WIB
Bea Cukai melakukan pendampingan dan terus mendorong pelaku UMKM agar bisa ekspor. Foto: Dokumentasi Humas Bea Cukai

jpnn.com, BEKASI - Bea Cukai menggelar asistensi dalam rangka mengoptimalkan program UMKM berorientasi ekspor di Bekasi dan Makassar.

Asistensi ini membahas prosedur dan regulasi ekspor, termasuk upaya business matching untuk memberikan pemahaman tentang potensi pasar ekspor di negara tujuan.

BACA JUGA: Bea Cukai Bersama 2 Instansi Ini Gelar Sosialisasi Regulasi HKI hingga Bahaya Narkoba

Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai Encep Dudi Ginanjar menyampaikan pihaknya berharap kegiatan ini menjadi media UMKM dalam menemukan peluang ekspor.

"Kegiatan ini juga diharapkan memberikan pemahaman tentang prosedur dan regulasi yang terlibat dalam ekspor, serta mendorong UMKM untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas produk mereka,” ujar Encep dalam keterangannya, Rabu (14/8).

BACA JUGA: Bea Cukai Dorong Pelaku UMKM di Sumbar dan Jatim untuk Ekspor Lewat Kegiatan Ini

Bea Cukai Bekasi menggelar webinar UMKM Go Global dengan tema 'Melihat Peluang Pasar UMKM di New Zealand dan Australia' pada Jumat (24/7).

Webinar ini menghadirkan expert trade facilitator, Janti Gunawan serta diikuti kurang lebih 100 orang perwakilan UMKM binaan di lingkungan Bea Cukai seluruh Indonesia dan beberapa perwakilan dinas terkait.

BACA JUGA: Tegas, Bea Cukai Jember Gagalkan Peredaran 22 Ribu Batang Rokok Ilegal di Mumbulsari

“Lewat acara ini kami ingin UMKM dapat memperoleh informasi strategis mengenai permintaan pasar, regulasi perdagangan, dan peluang bisnis yang dapat diambil untuk memperluas jangkauan produk dan layanan mereka ke pasar internasional yang menjanjikan, khususnya di dua negara tersebut,” ungkap Encep.

Di Makassar, Kanwil Bea Cukai Sulawesi Bagian Selatan (Sulbagsel) hadir dalam program business matching yang diselenggarakan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Selatan pada Rabu (3/7).

Program ini dirancang khusus untuk memberikan pelatihan intensif dan pendampingan kepada UMKM di Sulawesi Selatan yang berfokus pada ekspor.

Mengangkat tema 'Rewako Ekspor: Resilient, World Class, Agile, Knowledgeable', kegiatan ini memiliki target untuk menumbuhkan semangat pelaku UMKM dalam mengembangkan produk-produk domestik serta meningkatkan daya saing di pasar global.

“Sebagai mitra UMKM, kami akan aktif berkolaborasi dalam membantu UMKM menghadapi berbagai tantangan, baik di tingkat lokal maupun global," ujar Encep.

Dia berharap dukungan ini dapat memperkuat pertumbuhan ekonomi nasional dan berkontribusi positif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler