Begini Cara Kemenkominfo Ajak Pelajar Cakap Digital dengan Aman

Sabtu, 03 September 2022 – 00:50 WIB
Kemenkominfo meluncurkan program Literasi Digital dengan tujuan untuk membangun kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang teknologi digital. Foto: dok Kemenkominfo

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) meluncurkan program Literasi Digital dengan tujuan untuk membangun kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang teknologi digital.

Selain itu, program tersebut juga meningkatkan kecakapan digital masyarakat Indonesia untuk menciptakan ruang digital yang aman, beretika, dan produktif.

BACA JUGA: Kemenkominfo-GNLD Meluncurkan 58 Buku Literasi Digital, Gratis 

Saat ini perkembangan teknologi menjadi penyabab salah satu terbentuknya era digital yang membawa perubahan.

Apalagi, ini sudah menjadi bagian dalam melaksanakan rutinitas sehari-hari, mulai dari cara berkomunikasi, berinteraksi, transaksi pembayaran hingga belanja kebutuhan sehari-hari.

BACA JUGA: Kemenkominfo Gelar Webinar untuk Tingkatkan Literasi Digital Pelajar

Untuk itu, dibutuhkan kemampuan literasi digital yang baik.

Literasi digital merupakan kemampuan untuk mengakses, memahami, membuat, mengkomunikasikan, dan mengevaluasi informasi melalui teknologi digital yang bisa diterapkan dalam kehidupan ekonommi.

BACA JUGA: Kemenkominfo-Siber Kreasi Gelar Pelatihan Literasi Digital untuk Masyarakat di Kota Ini

Sekretaris Dept Ilmu Pemerintahan Fisip Unhas, Lukman Irwan mengatakan tentang pengaruh positif Medsos, di antaranya dapat mempermudah manusia dalam segala hal.

Menurut dia media sosial memiliki dampak positif dan negatif.

"Dampak positifnya, yaitu seperti mengerjakan tugas, menciptakan solidaritas sosial, memberi informasi yang mendidik dan berguna, serta mampu mendekatkan manusia terutama relasi & pemikiran," kata Lukman

Lukman mengingatkan setiap pengguna harus memperhatikan apa yang didapatkannya.

Semisal saat mendapatkan informasi jangan langsung membagikannya, perhatikan sumber yang valid, menjaga keamanan dari akun media sosial dengan memperbaharui secara berkala.

"Perhatikan sumber informasi, tetap mengedepankan etika, dan juga keamanan informasi akun media sosialnya," kata Lukman. (jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Begini Cara Belajar Online dalam Literasi Digital, Tolong Disimak!


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Dedi Sofian, Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler