Begini Cara KKP Yakinkan Masyarakat Agar Mau Konsumsi Kerang

Kamis, 27 Agustus 2015 – 19:06 WIB
Foto: Dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) punya cara jitu untuk membudidayakan kerang agar diterima dengan baik oleh masyarakat. Nantinya, KKP akan menguji kondisi kerang yang dihasilkan. Pasalnya selama ini ada kekhawatiran dari masyarakat bahwa kerang mengandung logam berat.

Pengujian kandungan logam berat dilaksanakan di Loka Pemeriksaan Penyakit Ikan dan Lingkungan (LP2IL), yang merupakan satu-satunya rumah sakit ikan di Indonesia.

BACA JUGA: Dolar Naik, Honorer K2 Minta Honorarium Standar KLH

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Slamet Soebjakto meyakini cara tersebut ampuh untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat untuk mengkonsumsi kerang.

"Ke depan, untuk meyakinkan masyarakat terhadap kelayakan kerang hasil budidaya, akan kami usulkan untuk mencantumkan hasil uji bebas logam berat di rumah makan yang menyajikannya. Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir untuk mengkonsumsinya," ujar Slamet di Jakarta, Kamis (27/8).

BACA JUGA: Dukung Bangun Poros Maritim, KKP Dorong Budidaya Kerang

Menurut Slamet, budidaya kerang sangat mendukung keberlanjutan melalui kemandirian usaha karena tidak tergantung pakan. Salah satu wilayah yang akan dikembangkan produksi kerangnya oleh KKP yakni di kawasan Panimbang. Di mana setiap tahunnya kawasan tersebut mengalami peningkatan produksi.

“Panimbang memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai sentra kekerangan, khususnya kerang hijau dan ini bisa menjadi ikon wilayah Panimbang sekaligus untuk pengembangan kawasan dan penggerak roda perekonomian daerah," tandas Slamet. (chi/jpnn)

BACA JUGA: Kisah Mbak Puan dan Batu Akik yang Mengundang Tawa, Hahaa..

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mau Tahu Anggaran Pembuatan Portal Revolusi Mental? Ini Penjelasan Sesmenko PMK


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler