Begini Kata Jonan Soal Pembangunan Infrastruktur Selama Satu Tahun Jokowi-JK Berkuasa

Selasa, 20 Oktober 2015 – 16:37 WIB
Ignasius Jonan/ dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengatakan pembangunan infrastruktur transportasi selama kinerja pemerintahan Jokowi-JK tidak bisa dinilai hanya satu tahun saja. Hal tersebut harus dilihat secara keseluruhan hingga 2019. Mantan bos KAI ini lantas membeberkan rencana strategis (Renstra) Kemenhub 2015-2019.

"Nggak bisa begitu, yang akan kami lakukan yaitu pembangunan MRT di 34 kota besar dengan pengadaan 1.370 bis. Ini konversi dan pengurangan subsidi BBM, publik transport juga akan diperbesar," beber Jonan dalam acara Rembug Nasional, Satu Tahun Pemerintahan Jokowi-JK: Kedaulatan Pangan, Pembangunan Energi dan Keunggulan Maritim di Jakarta Selatan, Selasa (20/10).

BACA JUGA: Inilah Perkembangan Kasus Bansos Sumut di Kejagung

Selain itu, terminal penumpang, traffic light di seluruh ibukota, pelabuhan penyeberangan di 64 provinsi juga akan ditambah, dan pembangunan dermaga sungai di 120 lokasi.

Untuk transportasi kereta, nantinya akan ada pembangunan jalur KA 3.258 kilometer serta pembangunan dan pengembangan kampus baru untuk sekolah transportasi di 27 lokasi.

BACA JUGA: Ketua Fraksi PAN Bantah Ditawari jadi Jaksa Agung

"Ini supaya anak muda yang dari Papua mau sekolah kelautan tidak harus ke Jawa," harap Jonan.

Sedangkan untuk pelabuhan, Kemenhub bakal mengembangkan 100 pelabuhan non komersial, melakukan pengerukan dan pelayaran pelabuhan di 65 lokasi. "Nanti ada pembangunan kapal navigasi 41 kapal patroli. Kalau untuk bandara ada pengembangan di 100 lokasi," tandas menteri asal Surabaya ini. (chi/jpnn)

BACA JUGA: Hanya Orang Pedesaan yang Puas Terhadap Jokowi

BACA ARTIKEL LAINNYA... Loh, Zulkifli Malah Kaget 5 Nama Kader PAN Ini Masuk Bursa Menteri


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler