Begini Nasib Aipda HR yang Bikin Coretan Sarang Pungli di Kantor Polisi

Selasa, 18 Oktober 2022 – 21:51 WIB
Ilustrasi polisi terkait kasus coretan sarang pungli yang dibuat Aipda HR di Polres Luwu. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, MAKASSAR - Anggota Polri Aipda HR yang menulis coretan berupa tulisan Sarang Pungli dan Korupsi pada dinding Polres Luwu, Sulawesi Selatan dimasukkan ke rumah sakit jiwa (RSJ) setempat.

Menurut Kapolres Luwu AKBP Arisandi, Aipda HR dibawa ke Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) guna pemulihan kondisi kejiwaan yang bersangkutan.

BACA JUGA: Irjen Nana Temui Aipda HR Penulis Coretan Sarang Pungli di Kantor Polisi

Arisandi juga menjelaskan keputusan membawa anggotanya itu ke RSJ bukan lantaran dirinya tidak setuju dengan grafiti yang dibuat Aipda HR.

"Itu untuk kepentingan perbaikan kondisi (kejiwaan) dia," ucap perwira menengah Polri itu di Makassar, Selasa (18/10).

BACA JUGA: Aipda HR Penulis Sarang Pungli di Kantor Polisi Dibilang Gangguan Jiwa, Bang Reza Berkata

Selain itu, AKBP Arisandi juga belum bisa menyimpulkan bahwa coretan Sarang Pungli dan Korupsi pada dinding Polres Luwu bentuk kekecewaan Aipda HR terhadap institusinya.

"Kalau masalah benar atau tidaknya tulisan itu, sekali lagi kami terbuka. Saya enggak tahu. Makanya kebenaran kan harus kami cek silang. Namun, sekali lagi kalau itu betul terjadi, saya pasti koreksi itu," ujar Arisandi.

BACA JUGA: Aipda HR Menulis Sarang Pungli di Kantor Polisi, Reza Indragiri: Tidak Usah Kaget

Hingga kini dia juga belum mengetahui apa pemicu Aipda HR melakukan vandalisme tersebut, karena polisi itu kini masih dalam observasi oleh dokter kejiwaan.

"Saya enggak tahu, ya, namanya pemicu. Itu yang bisa jelaskan mungkin dokter, apa pemicunya," kata Arisandi.

Dia juga menegaskan terlepas benar atau tidak tulisan Aipda HR, Polres Luwu terbuka terhadap kritik jika ada pelayanan yang tidak sesuai ketentuan.

"Kalau memang ada pelayanan yang tidak pas, tidak sesuai ketentuan, kami terbuka untuk itu," ujar dia.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sebelumnya mengaku mendapat masukan dari bawahan dan masyarakat untuk mendalami soal tulisan sarang pungli di Polres Luwu.

Dia lantas memerintahkan Kadiv Propam Polri Irjen Syahardiantono turun tangan dan mengusut tulisan yang dibuat oleh salah satu polisi tersebut.

"Ada masukan dari personel Polri dan masyarakat akan hal tersebut. Oleh sebab itu, saya sudah instruksikan kepada Kadiv Propam dan jajarannya untuk mendalami munculnya tulisan itu,” ujar Sigit dalam siaran persnya, Senin (17/10).(ant/fat/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Aipda HR Menulis Sarang Pungli di Kantor Polisi, Kapolri Langsung Bereaksi


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler