Beginilah Detail Prosesi Pemakaman Jenazah Ratu Elizabeth Hari Ini

Senin, 19 September 2022 – 12:02 WIB
Mahkota dan tongkat kebesaran Kerajaan Inggris diletakkan di atas peti jenazah Ratu Elizabeth II. Foto: royal.uk

jpnn.com - Kerajaan Inggris akan menggelar upacara pemakaman jenazah Ratu Elizabeth II pada Senin ini (19/9).

Ningrat yang meninggal pada 8 September 2022 itu akan dimakamkan dengan upacara kenegaraan yang dimulai pada pukul 11.00 waktu London.

BACA JUGA: Ratu Elizabeth II Dimakamkan Hari Ini, Begini Susunan Acaranya

Sejak 14 September lalu, jenazah Ratu Elizabeth disemayamkan di Istana Westminster, London, untuk memberi kesempatan kepada warga yang berduka menyampaikan penghormatan terakhir.

Namun, pada hari ini pukul 06.30 waktu setempat, persemayaman itu berakhir. Prosesi selanjutnya ialah pemindahan jenazah Ratu Elizabeth II dari Istana Westminster ke Gereja Westminster (Westminster Abbey).

BACA JUGA: Wafat 8 September, Ratu Elizabeth II Akan Dimakamkan 19 September 2022

Peti jenazahnya akan dibawa menggunakan kereta milik Angkatan Laut Kerajaan Ingris menuju gereja pusat Kristen Anglikan tersebut untuk proses kebaktian.

Baca juga: Sejarah Lagu Penobatan Raja Inggris dan Nyanyian Liga Champions

BACA JUGA: 7 Lagu Kesukaan Ratu Elizabeth II, Nomor Terakhir Rock Banget

Raja Charles III sebagai suksesor Ratu Elizabeth akan berjalan di belakang kereta itu. Keluarga Kerajaan Inggris juga akan mengikuti perjalanan kereta jenazah tersebut.

Prosesi kebaktian akan dipimpin oleh Dekan Westminster Pendeta David Hoyle. Adapun Uskup Agung Canterbury Justin Welby akan menyampaikan khotbah pelepasan jenazah.

Sebagai penanda akhir kebaktian sebelum pelepasan jenazah akan ada pengheningan cipta selama 2 menit di selutuh Inggris. Lagu kebangsaan juga akan diperdengarkan untuk menutup kebaktian tersebut.

Prosesi selanjutnya ialah pemberangkatan peti jenazah Ratu Elizabeth dari Westminster Abbey ke Wllington Arch. Kereta yang membawa jenazahnya akan ditarik oleh 98 personel Angkatan Laut Kerajaan Inggris.

Di belakang kereta itu juga ada 40 pelaut Kerajaan Inggris. Tugas mereka menjadi rem atau menahan laju kereta jenazah.

Raja Charles III dan Keluarga Kerajaan Inggris akan ikut dalam iring-iringan tersebut. Mereka bakal berjalan di belakang personel Angkatan Laut Kerajaan Inggris yang menangani langsung pemindahan jenazah Ratu Elizabeth II.

Begitu tiba di Wellington Arch, peti Ratu Elizabeth II akan ditempatkan di mobil jenazah kerajaan. Penghormatan kerajaan dan lagu kebangsaan akan dikumandangkan lagi saat mobil jenazah itu memulai perjalanannya menuju Kastel Windsor.

Begitu tiba di Istana Windsor, mobil jenazah akan melambat untuk prosesi lanjutan di Albert Road. Dari situlah jenazah Ratu Elizabeth akan dibawa k Kapel St George.

Pasukan Kerajaan Inggris akan melakukan salvo sebagai penghormatan kenegaraan bagi Ratu Elizabeth. Lonceng di menara kastel juga akan dibunyikan selama prosesi.

Walakhir, prosesi upacara kenegaraan akan berhenti sisi barat Kapel St George. Batalion Pengawal Khusus I bersiap membawa jenazah Ratu Elizabeth ke dalam kapel.

Prosesi di kapel tersebut dijadwalkan pukul 16.00. Di dalam kapel itu juga akan digelar kebaktian yang dipimpin Dean of Windsor.

Paduan suara Kapel St George akan bernyanyi dalam kebaktian itu. Sebelum himne berakhir, mahkota dan tongkat kebesaran yang diletakkan di atas peti jenazah Ratu Elizabeth akan dipindahkan, lalu ditempatkan di altar.

Peti jenazah akan dibawa ke Royal Vault, sebuah ruang pemakaman di bawah Kapel St George. Dean of Windsor akan mengiringinya dengan pembacaan Mazmur, sedangkan Uskup Agung Canterbury akan mengumumkan berkat.

Lagu kebangsaan lagi-lagi akan dinyanyikan pada akhir kebaktian. Setelah itu, prosesi selanjutnya ialah pemakaman pribadi di Kapel Peringatan Raja George VI pada malam ini.

Di situlah jenazah Ratu Elizabeth akan dimakamkan bersama jasad suaminya, Adipati Edinburgh Philip Mountbatten.(royal.uk/jpnn.com)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler