Belajar Bahasa Inggris, Kenali Umpatan

Jumat, 11 Juni 2010 – 08:54 WIB
TUGAS - Wasit asal Brazil, Carlos Simon, saat bertugas di salah satu pertandingan piala dunia terdahulu. Foto: AFP/Getty Images.

RUSTENBERG - Bahasa Inggris memang sudah dikenal sebagai bahasa internasionalBegitu juga di ajang Piala Dunia (PD), yang sudah pasti akan banyak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi di lapangan.

Di tengah hiruk-pikuk kemeriahan Piala Dunia 2010, ada langkah khusus yang dilakukan oleh para ofisial pertandingan laga yang mempertemukan Inggris versus Amerika Serikat (AS) di Grup C pada 12 Juni

BACA JUGA: Gaji Beres, Tunggu Bonus

Seperti diketahui, dua negara tersebut memakai bahasa Inggris yang identik
Tapi, kebetulan ofisial pertandingan yang terpilih berasal dari Brazil.

Carlos Simon akan memimpin pertandingan tersebut, bersama dua asisten, Roberto Braatz dan Altemir Hausmann

BACA JUGA: Markas Brazil Paling Ramai

Mereka pun kini sibuk mempelajari ungkapan caci-maki dalam bahasa Inggris yang kemungkinan diucapkan para pemain.

Maklum, dalam laga uji coba beberapa hari lalu melawan klub lokal Afrika Selatan, Platinum Stars, striker Inggris Wayne Rooney, harus mendapat kartu kuning karena umpatan kepada wasit
Celakanya, kejadian itu lantas menjadi berita besar.

"Kami tengah mempelajari kata-kata yang mungkin diucapkan para pemain," ungkap Hausmann, seperti dikutip jaringan televisi Brazil, Globo Sport, serta dikutip Associated Press.

Ketiga wasit yang terbiasa memakai bahasa Portugal di negaranya itu, mempelajari sekitar 20 kata dan kiasan untuk bisa dihafalkan

BACA JUGA: Demi Kembali ke Los Angeles

"Kami akan belajar mendengarkan kata-kata yang biasa pemain ucapkanSemua pemain akan bersumpah, dan kami tahu apa yang akan mereka ucapkan," jelas Hausmann, seperti dilansir Guardian.

"Kami tidak bisa menghafalkan 11 bahasa berbedaTapi, yang terpenting kami bisa mengerti bahasa InggrisItu sangat sering digunakan pemain," tambah Braatz pula(ady)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Disiarkan Langsung di 215 Negara


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler