Belanda v Brazil: Feeling Adu Penalti

Kamis, 01 Juli 2010 – 09:27 WIB
PELATIH - Frank de Boer saat dijumpai di sela latihan tim Belanda di Wits University Rugby Stadium, Johannesburg. Foto: Yuyung Abdi/Jawa Pos.

BELANDA masih mencatat hasil sempurna di Piala Dunia 2010Tim Oranje - sebutan Belanda - menyapu bersih empat laga dari fase grup sampai babak 16 besar

BACA JUGA: Impian Taufik Dekati Kenyataan

Kini, kedigdayaan Belanda kembali diuji kala menghadapi Brazil dalam perempat final di Stadion Nelson Mandela Bay, Port Elizabeth, Jumat besok.

Belanda memang bisa mengatasi perlawanan Denmark, Jepang, Kamerun, serta Slovakia
Namun, Brazil berada di level berbeda dengan keempat tim tersebut

BACA JUGA: Chris John Latihan Tertutup

Tim Samba - julukan Brazil - juara dunia lima kali sekaligus tim solid dengan banyak materi pemain top dunia.

Samba juga belum terkalahkan dalam empat laga Piala Dunia (PD) sejauh ini alias menorehkan tiga kemenangan dan sekali seri
"Ketika Piala Dunia hanya tinggal menyisakan delapan tim, semua lawan pasti berat," kata asisten pelatih Belanda Frank de Boer kepada Jawa Pos, dalam sesi mixed zone di Stadion Wits Rugby, Johannesburg, Selasa lalu (29/6).

"Brazil, seperti yang kita tahu, merupakan tim favorit dan punya kualitas tinggi

BACA JUGA: Ghana: Cedera Gyan Bikin Risau

Namun, saya rasa kami bukan underdog karena tim kami juga berkualitas," lanjutnya"Pertandingan bakal sangat ketatSaya tidak bisa menebak skor, tapi feeling saya mengatakan kemungkinan bakal adu penalti cukup besar," imbuh De Boer.

:TERKAIT Dalam sejarah PD, sudah 21 laga yang harus menentukan pemenangnya dengan adu penaltiPaling gres adalah tak lain kemenangan 5-3 Paraguay atas Jepang di babak 16 besar (29/6)Belanda dan Brazil pun tercatat pernah sekali menjalani babak tos-tosan itu, tepatnya di semifinal PD 1998Kala itu, Belanda yang notabene masih diperkuat De Boer harus menyerah dari Brazil dengan skor 2-4.

"Kalaupun harus dilakukan adu penalti, kami sangat siapUntuk fase knockout, sebuah tim harus sudah siap dengan kemungkinan laga harus diakhiri dengan adu penalti," tutur De Boer yang kini berusia 40 tahun.

Lalu, seandainya terealisasi adu penalti, siapa pemain Belanda yang dipersiapkan sebagai algojo? De Ber menyebut tidak akan jauh dari nama-nama seperti Wesley Sneijder, Arjen Robben, Rafael van der Vaart, Robin van Persie, hingga kapten tim Giovanni van BronckhorstMereka dipilih karena kemampuan dalam mengeksekusi penalti sudah teruji baik di level klub maupun timnas.

"Selain mental, pengalaman juga memegang peranan besar dalam adu penaltiMeski tidak menutup kemungkinan pemain lain mendapat kepercayaanBergantung situasi saat pertandingan nanti," timpal Phillip Cocu, asisten pelatih Belanda lainnya.

Sebagai eks pemain yang memiliki jam terbang tinggi di level internasional, Cocu tak lupa memberi advice kepada Van Bronckhorst dkk melawan Brazil nanti"Setiap pemain harus menunjukkan penampilan puncaknya dan jangan grogi menghadapi tim sekelas BrazilDengan pemain seperti Sneijder, Robben, dan lainnya, kami punya potensi mengalahkan tim manapun, tak terkecuali Brazil," papar Cocu(dns/cfu/ito/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Jerman: Pilihan Ozil Kecewakan Hiddink


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler