Belanda v Jepang: Rebut Tiket

Sabtu, 19 Juni 2010 – 04:40 WIB
NGOPI - Sejumlah fans tim Oranje Belanda berbagi kopi, sebelum melakukan konvoi dari kamp perkemahan mereka di Fountain Valley, sebelah utara Johannesburg, 16 Juni lalu, untuk menuju Durban jelang pertandingan kedua timnya. Foto: AFP Photo/FIFA.com.
DURBAN - Tiket lolos ke perdelapan final Piala Dunia 2010 Afrika Selatan bisa menjadi milik Belanda atau Jepang, malam iniSyaratnya, kedua tim itu merebut kemenangan, sedangkan pada laga lain di grup E antara Kamerun melawan Denmark berakhir seri.

Saat ini, Belanda dan Jepang sama-sama berkuasa di grup E dengan koleksi tiga angka dari kemenangan atas lawannya masing-masing pada laga perdana

BACA JUGA: Momentum Kepastian Wakil Afrika

Belanda menghajar Denmark 2-0 dan Jepang menang tipis 1-0 atas Kamerun.

Bila ingin segera memastikan langkah ke babak berikutnya, maka dua tim itu harus saling menghabisi
Belanda bakal bertarung melawan Jepang di Stadion Moses Mabhiba, Durban, malam ini (tayangan langsung Global TV pukul 18.30 WIB).

Dengan komposisi pemain yang dimiliki, Belanda lebih difavoritkan merebut kemenangan atas Jepang

BACA JUGA: Cape Town Kebanjiran WAGs

Apalagi, performa tim berjuluk Oranje itu pada pertandingan pertama menjanjikan
Berbeda dengan Jepang yang tampil biasa saja dan membuat kejutan.

Lagipula, Belanda tidak begitu asing dengan performa Jepang jelang Piala Dunia 2010

BACA JUGA: Aljazair Tahan Inggris Tanpa Gol

Sebab, dalam jangka 10 bulan lalu, Belanda pernah menghajar Jepang dengan skor telak 3-0 pada partai uji cobaAkankah skor besar itu bisa terulang?

Pasalnya, sejak 10 bulan lalu, tidak banyak perubahan yang dibuat oleh Bert van Marwijk dalam skuad Belanda dan Takeshi Okada dalam tim berjuluk Samurai Biru ituYang berbeda, kali ini mereka bersua pada even akbar Piala Dunia 2010.

Bukan hanya perkasa atas Jepang saja, Belanda juga memiliki rekor hebat ketika bertemu tim asal AsiaTerhitung, mereka sudah tiga kali bertanding melawan tim asal AsiaHasilnya, mereka selalu menang dan total mencetak 10 gol di tiga laga itu.

Belanda memang memiliki daya serang yang dahsyatBuktinya pada lima laga terakhir, mereka sudah mengoleksi 16 golApalagi, striker Robin van Persie yang lama dibekap cedera sudah pulihBahkan dia tampil selama 77 menit di laga pertama.

"Dia memang sempat mengalami cedera yang panjang, tapi sekarang dia sudah pulih 100 persenRasanya sangat menyenangkan bermain dengan dia di lapanganSekarang dia bermain lebih baik," ujar Rafael van der Vaart, gelandang Belanda, seperti dikutip Reuters.

Van Persie akan menjadi penyerang tunggal dalam skema 4-5-1 yang diterapkan pelatih Belanda Bert van MarwijkNamun, dia bakal ditopang pemain yang agresif seperti Dirk Kuyt, Wesley Sneijder dan Rafael van der Vaart dari lini tengah.

Kubu Jepang menyadari, Belanda akan mengandalkan derasnya daya serang mereka"Belanda berpikir mereka akan mengandalkan kehebatan daya serang merekaKami akan berusaha menahannya dan membuat mereka frustasi," papar Yuki Abe, gelandang Jepang.

Pelatih Jepang Takeshi Okada juga menyadari bahwa kemenangan atas Kamerun belum bisa menjadi modal yang layak"Saya tidak berpikir kami telah sukses dengan kemenangan di laga perdanaKami butuh banyak perbaikan," jelas Okada(ham)

Perkiraan Pemain

Belanda (4-5-1): 1-Stekelenburg (g); 2-Van der Wiel, 3-Heitinga, 4-Mathijsen, 5-Van Bronckhorst; 7-Kuyt, 6-Van Bommel, 10-Sneijder, 8-De Jong, 23-Van der Vaart; 9-Van Persie
Pelatih: Bert van Marwijk

Jepang (4-3-3): 21-Kawashima (g); 3-Komano, 22-Nakazawa, 4-Tulio Tanaka, 5-Nagatomo; 2-Abe, 17-Hasebe, 7-Endo; 8-Matsui, 18-Honda, 16-Okubo
Pelatih: Takeshi Okada

Stadion: Moses Mabhida, Durban
Wasit: Hector Baldassi

Di atas kertas
Ini bentrok pertama kedua tim di Piala DuniaMereka pernah bersua satu kali di laga uji coba dan dimenangkan BelandaKali ini, Belanda juga diunggulkanLagipula, Belanda selalu menang dalam tiga bentrok melawan tim asal Asia.

Bursa Asian Handicap
Belanda v Jepang    1 : 1 1/4

Lima laga terakhir
Belanda
14/06/10 v Denmark             2-0
05/06/10 v Hungaria             6-1
01/06/10 v Ghana                  4-1
26/05/10 v Meksiko               2-1
03/03/10 v AS                         2-1
Jepang
14/06/10 v Kamerun             1-0
04/06/10 v Pantai Gading    0-2
30/05/10 v Inggris                 1-2
24/05/10 v Korsel                  0-2
14/11/09 v Afsel                     0-0

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tantangan Lorenzo Tanpa Rossi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler