Belum Ada Nama, Sementara Disebut Juventus Arena

Senin, 15 Agustus 2011 – 22:48 WIB
Musim ini merupakan era baru bagi JuventusSelain memiliki pelatih baru, mereka juga akan memiliki stadion baru, Juventus Arena.

PADA 2006, berbarengan dengan skandal Calciopoli, Juventus memutuskan pindah stadion

BACA JUGA: Jose Camacho Tangani Tiongkok

Mereka tak lagi bermain di Delle Alpi, melainkan di Olimpico, Turin
Selain karena Olimpico baru saja direnovasi pada 2006, kepindahan itu dilakukan karena juga Juve ingin punya stadion anyar.

Pada November 2008, mereka pun mencanangkan pembangunan stadion baru dengan anggaran 100 juta euro atau setara Rp 1,19 triliun

BACA JUGA: Kolombia Terganjal, Argentina Terpental

Stadion baru itu dibangun di lokasi Delle Alpi lama dengan melakukan beberapa perubahan mendasar.

Kalau Delle Alpi lama masih memiliki trek lari, di stadion baru tidak ada lagi
Mereka juga memperkecil kapasitas stadion dari yang sebelumnya sebanyak 60 ribu hingga hanya 40 ribu penonton

BACA JUGA: Deltras Dekati Pemain Asing

Pembangunan pun dimulai pada 2009 lalu.

Rencananya, pada musim ini stadion anyar itu sudah bisa dipakaiRencana itu sesuai targetJuventus Arena, nama sementara stadion anyar Juve dinyatakan sudah siap pakai sehingga Nyonya Tua-julukan Juve sudah bisa memakai stadion tersebut.

Juventus Arena belumlah menjadi nama tetap stadion ituSebab, sesuai dengan perjanjian yang diteken Juve dengan Sportfive Italia, rencananya nama stadion harus sesuai dengan keinginan Sportfive Italia.

Bukan hanya itu, Sportfive Italia juga akan menjadi pemilik atas sky box dan tribun VIPItu adalah langkah inovatif Juve yang meniru langkah Arsenal dengan Emirates Stadium dan Bayern Munchen dengan Allianz Arena-nya.

Rencananya, Alessandro Del Piero dkk akan merasakan kali pertama bertanding di stadion baru mereka pada 11 September nanti ketika menjamu Parma"Saya sangat menantikan kesempatan bermain di stadion baru, di mana akan ada banyak intrik dan pengalaman di Delle Alpi baru ituSaya yakin atmosfernya akan sangat hebat," kata Giorgio Chiellini, bek Juve, seperti dikutip Goal.

Soal atmosfer pertandingan, stadion baru memang lebih menjanjikanPasalnya, jumlah kursi penonton lebih sedikit, sehingga stadion tidak akan terlihat kosongSelain itu, jarak antara tribun dengan lapangan lebih dekat, layaknya stadion di Premier League.

Rata-rata stadion di Italia memiliki kapasitas yang besarPadahal, penonton baru antusias datang ke stadion hanya ketika ada pertandingan besar saja.  Tapi, itu tidak akan terjadi di Juventus Arena.

Apalagi, dengan adanya stadion baru itu membuat daya tarik penonton kian tinggiFaktanya, penjualan tiket terusan laku kerasSudah 23 ribu Juventini, pendukung Juve, yang membeli tiket terusan untuk 2011-2012Itu artinya kursi sudah terpenuhi lebih dari 50 persen.

Jumlah itu naik 56 persen ketimbang musim lalu, di mana hanya laku sebanyak 14.600 tiket terusanBanyak pula yang sudah memesan tiket untuk menyaksikan pembukaan stadion secara resmi pada 8 September mendatang sekaligus penentuan nama stadion.

Menurut Juve, stadion ini akan menjadi penentu masa depan mereka"Inter Milan dan AC Milan sangat beruntung memiliki stadion yang hebat dengan kapasitas yang besar, tapi itu bukan faktor yang penting untuk maju lebih jauhKami sudah selangkah berada di depan mereka," kata Jean Claude Blanc, penasihat khusus Juve(ham/bas)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tsonga Cedera, Djokovic ke Final


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler