Belum Ada yang Menjadi Tersangka

Sabtu, 29 Januari 2011 – 08:58 WIB
DITABRAK. KA Kutojaya Selatan ditabrak KA Mutiara Selatan di Stasiun Langen, Kota Banjar, Jawa Barat, Jumat (28/1) dini hari. Foto: Yana Taryana/Radar Tasikmalaya

BANJAR - Kapolda Jabar Irjen (Pol) Suparni Parto menduga penyebab kecelakaan kereta di Stasiun Langen, Kota Banjar akibat human errorWalau begitu, kata jenderal bintang dua ini, sampai kemarin belum ada yang ditetapkan sebagai tersangka.

"Jika saya simak dari penjelasan ka daops, kuat dugaan penyebabnya human error, karena semua peralatan dan fasilitas yang mengatur jalur kedatangan serta keberangkatan di stasiun ini berfungsi dengan baik," terangnya yang sebelumnya mendapatkan informasi seputar tabrakan dari Kepala Daops V Purwekerto, M Soleh Kosasih.

Terkait belum adanya tersangka, kata dia, karena pihaknya masih melakukan pengkajian secara teknis tetang penyebab kecelakaan yang menewaskan tiga penumpang itu

BACA JUGA: Tabrakan KA, Tiga Tewas 17 Luka Berat

“Hasil kajian teknis itu nantinya akan kita uji secara ilmiah untuk menemukan faktor apa yang menyebabkan terjadinya kecelakaan itu," imbuhnya.

Kata dia untuk menentukan tersangka, akan dimulai dari olah tempat kejadian perkara
“Kemudian kita kaji bersama secara ilmiah untuk mengetahui faktor yang paling mendasar dari kecelakaan ini

BACA JUGA: KNKT Tak Mau Menduga-duga

Baru setelah itu kita tentukan siapa yang harus bertanggung jawab dalam peristiwa ini," ujarnya yang juga menerangkan bahwa kasus tabrakan maut kemarin akan ditangani Polres Banjar


Terkait adanya kecelakaan yang merenggut korban jiwa, Kapolda menghimbau kepada para petugas angkutan masal agar lebih waspada

BACA JUGA: Korban KMP Laut Teduh, 13 Meninggal

“Semua harus jeli dan tidak boleh lengah dalam bertugas apalagi ini berhubungan dengan keselamatan jiwa," tegasnya.

Kapolda, kemarin datang ke Stasiun Langen sekitar pukul 08.15Jenderal bintang dua ini datang didampingi Kasat Brimob Polda Jabar Kombes (Pol) Abdul Rakhman BasoDi TKP, Kapolda juga langsung melihat jalannya proses evakuasi lokomotifBahkan dia menyempatkan masuk ke dalam gerbong KA Kutojaya yang ringsek.

Setelah melihat proses evakuasi bangkai kereta dan mendengarkan penjelasan singkat dari Kadaops V  Purwekerto M Soleh Kosasih tentang langkah-langkah teknis evakuasi, Kapolda bersama rombongan langsung meluncur ke RSUD Banjar untuk melihat para korban luka yang sedang menjalani perawatanSekitar pukul 15.00, Kapolda bersama rombongan kembali ke Bandung.

Sementara untuk membantu mengamankan lokasi kejadian dan membantu proses evakuasi kereta, 50 personel Brimob Polda Jabar turut dikerahkanMereka datang beberapa jam setelah Kapolda tiba di lokasi kejadian(kun)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pengadaan CPNS Cirebon tak Sesuai Kebutuhan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler