Belum Banyak yang Tahu, Tumbuhan Ini Khasiatnya...Wow!

Minggu, 02 April 2017 – 09:14 WIB
Lemon balm. Foto: Care2.com

jpnn.com - Pernahkah Anda mendengar tentang lemon balm? Atau mungkin di antara Anda sudah ada yang pernah mengonsumsi tanaman ini?

Lemon balm adalah tanaman yang bentuknya menyerupai daun mint. Namun, baunya seperti lemon.

BACA JUGA: Sering Pakai Suplemen Melatonin? Simak Hasil Riset Ini

Tidak banyak yang mengenal tanaman bernama latin Melissa officinalis ini. Lebih sedikit lagi jumlah yang menanamnya.

Padahal, lemon balm memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan. Di antaranya membuat Anda mudah tidur, mengurangi kecemasan dan stres, serta mengurangi rasa sakit.

BACA JUGA: Waspada! Ini Bahayanya Menghirup Cairan Pemutih

Untuk mengkonsumsinya, Anda bisa membuat minuman sejenis teh dari lemon balm dengan menambahkan daun yang telah dikeringkan ke dalam air, lalu mendiamkannya selama 10 menit. Dipasaran juga ada lemon balm dalam bentuk salep, minyak dan lain-lain. (fny/jpnn)

Berikut ini beberapa manfaat kesehatan lemon balm, seperti dilansir laman Care2, Kamis (30/3):

BACA JUGA: 6 Penyakit Autoimun Ini Bikin Berat Badan Anda Kacau

1. Penenang alami

Lemon balm telah digunakan selama berabad-abad sebagai obat penenang alami.

2. Anti-virus herpes

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Natural Products Research, para ilmuwan menemukan bahwa lemon balm sangat efektif melawan virus herpes simpleks.

Lemon balm terbukti menghambat kemampuan virus herpes simplex hingga 60 persen. Studi lain menemukan bahwa luka dingin bisa sembuh hanya dalam dua hari jika Anda menerapkan salep lemon balm.

3. Penghambat HIV

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal medis Retrovirology, peneliti menemukan bahwa kombinasi dari peppermint, sage dan lemon balm sangat efektif dalam menghambat virus HIV.

4. Melawan bakteri

Peneliti juga menemukan bahwa lemon balm memiliki tingkat antibakteri yang tinggi. Lemon balm bahkan efektif melawan staphylococcus aureus, bakteri dengan ketahanan mumpuni terhadap sebagian besar antibiotik yang ada di apotik

5. Penangkal susah tidur

Beberapa studi telah menemukan jika lemon balm efektif mengatasi insomnia, terutama ketika dikombinasikan dengan herbal alami seperti valerian, hop atau chamomile.

6. Pereda radang

Herbal anti-inflamasi seperti lemon balm sering direkomendasikan untuk menghilangkan peradangan yang terkait dengan berbagai kondisi tiroid.

7. Terapi sindrom kelelahan kronis

Banyak herbalist dan dokter dengan orientasi alam menggunakan lemon balm untuk mengatasi sindrom kelelahan kronis (CFS).

BACA ARTIKEL LAINNYA... Otot Paha Lemah Perbesar Potensi Encok Lutut pada Wanit


Redaktur : Adil
Reporter : Adil, Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler