Belum Memungkinkan Makassar Punya Busway

Sabtu, 03 Agustus 2013 – 02:02 WIB

MAKASSAR - Wali Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Ilham Arief Sirajuddin mengungkapkan, kendala belum terwujudnya busway yakni pada infrastruktur. Busway terkendala karena jalur koridor satu yakni Jalan Perintis Kemerdekaan, Urip Sumoharjo, dan AP Pettarani, belum rampung.
    
Lebar jalan yang akan dimanfaatkan untuk jalur busway belum memungkinkan sehingga menunggu pelebaran jalan rampung. Apalagi jembatan Sungai Tello, juga belum dilebarkan, sehingga belum layak dilintasi busway yang ke depan akan memiliki jalur khsusus.
    
Ia mengakui, masih ada jalan sempit di Jalan Perintis Kemerdekaan depan tugu Adipura. Itu juga menjadi salah satu kendala. Jalanan yang mengecil, akan mempersulit akses busway karena akan menimbulkan kemacetan baru.

Enam tahun sejak digulirkan, proyek busway di Makassar, Sulawesi Selatan belum juga terealisasi. Makanya, muncul isu miring bahwa proyek ini hanya utopis dan mandek.

BACA JUGA: Proyek Busway di Makassar Mandek

Sejak mulai diproyeksikan pada 2007 lalu, busway Makassar pernah disebut-sebut sebagai solusi alternatif terhadap kemacetan. Sayangnya, hingga memasuki APBD Perubahan 2013 ini, anggaran untuk pembangunan shelter atau ruang tunggu penumpang pun belum ada sama sekali. (zuk/awa/jpnn)

BACA JUGA: Terminal Masih Sepi

BACA JUGA: Pemudik Dipaksa Ramaikan Terminal

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kemendagri Tunggu Usulan Pelantikan Ganjar-Heru


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler