Benarkah Bawang Putih Bisa Mencegah Terkena Badai Sitokin?

Sabtu, 11 September 2021 – 07:01 WIB
Bawang Putih. Foto : Ricardo/JPNN com

jpnn.com, JAKARTA - Biasanya bawang putih digunakan sebagai bumbu masak. Namun, ternyata bawang putih tergolong herbal yang kaya manfaat.

Pemilik brand minuman herbal Satya Natural Juice, Steven Cornelius Putra mengatakan bawang putih memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.

BACA JUGA: 4 Manfaat Dahsyat Konsumsi Bawang Putih Tunggal, Jangan Ragu untuk Mencobanya

"Bawang putih memiliki banyak manfaat bagi tubuh seperti meredakan infeksi, radang dan pilek, menurunkan kadar kolesterol, mencegah penyakit jantung, dan mengendalikan tekanan darah," kata Steven dalam siaran pers, Jumat (10/9).

Steven merujuk pada The National Center for Biotechnology Information dalam jurnal berjudul “The effects of allium sativum on immunity within the scope of COVID-19 infection”, allium sativum.

BACA JUGA: 5 Manfaat Bawang Putih Bakar yang Ampuh Cegah Timbulnya Penyakit Mematikan Ini

Dikatakan penelitian itu, konsumsi bawang putih bisa jadi salah satu tindakan pencegahan terhadap infeksi Covid-19.

"Bawang putih juga bisa terhindar dari badai sitokin," ungkapnya.

BACA JUGA: Pengalaman Pasien COVID-19 Lolos dari Badai Sitokin dengan Menjaga Pikiran Tetap Positif

Menurut Steven kandungan herbal dalam bawang putih mesti dijaga agar produk yang dijual tetap berkualitas dengan memperhatikan stabilitas zat aktif dalam bahan yang digunakan.

Produsen juga perlu memastikan produknya tidak mengandung bahan pengawet.

"Maka untuk membuat produk herbal bawang putih mampu bertahan hingga bulanan di suhu ruangan, diperlukan proses sterilisasi," ucap Steven.

Proses strerilisasi juga bermanfaat mengurangi aroma bawang putih yang menyengat dan mengurangi sensasi tidak nyaman di mulut, seperti aroma dan rasa bawang putih.

Selain menggunakan bawang putih, Steven menggunakan herbal alami lain seperti jahe merah, madu hutan, cuka apel, dan lemon.

Bahan-bahan tersebut dipercaya dapat membantu dalam menjaga kesehatan tubuh, serta menurunkan lemak darah dan asam lambung.

“Campuran herbal ini sudah dikonsumsi oleh keluarga besar saya secara turun-temurun. Dan ternyata manfaatnya cukup bagus buat kesehatan,” kata Steven. (ddy/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!


Redaktur : Djainab Natalia Saroh
Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler