Bendera Merah Putih yang Dikibarkan di Puncak Wolasi Panjang Banget

Senin, 16 Agustus 2021 – 23:19 WIB
TNI-Polri dan Manggala Agni kibarkan Merah Putih sepanjang 76 meter di Puncak Wolasi, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara, Senin (16/8/2021). (ANTARA/HO-Manggala Agni Sultra)

jpnn.com, KONAWE SELATAN - Bendera Merah Putih berukuran sangat besar dikibarkan personel TNI-Polri bersama Manggala Agni di Puncak Wolasi, Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara (Sultra), Senin (16/8).

Ukuran panjangnya mencapai hingga 76 meter.

BACA JUGA: Kang Emil Jabarkan 11 Prioritas Pembangunan Jabar di 2022

Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Sultra Kombes Pol Adarma Sinaga mengatakan pengibaran bendera tersebut dilakukan personel gabungan.

Tujuannya untuk mengingatkan seluruh masyarakat terkait Hari Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia.

BACA JUGA: Presiden Instruksikan Harga PCR Turun, Polisi Harus Turun Tangan

"Ini mengingatkan kita semua bahwa 17 Agustus adalah Hari Kemerdekaan kita," ujar Kombes Adarma dalam keterangannya.

Hal senada dikemukakan Kepala Manggala Agni Daops Sulawesi Tenggara Yanuar Fanca Kusuma.

BACA JUGA: Wacana Amendemen UUD 1945 Kembali Menghangat, NasDem Singgung Pemakzulan

"Pengibaran ini dimaksudkan untuk mengingatkan kepada kita semua peringatan HUT Kemerdekaan dan untuk merawat rasa bangga terhadap bangsa dan negara Indonesia," katanya.

Usai mengibarkan Merah Putih puluhan meter, dilanjutkan dengan patroli di titik-titik rawan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di beberapa desa sekitar hutan lindung Wolasi.

"Untuk patroli karhutla kami didukung oleh Brimob dan TNI, kami menyelenggarakan patroli di sekitar kawasan Wolasi," ucapnya.

Kegiatan kali ini juga dirangkai dengan vaksinasi merdeka bagi masyarakat yang ada di sekitar kawasan Puncak Wolasi, sekaligus pemberian bantuan sembako kepada warga.

Dia menyebut personel yang diterjunkan dalam kegiatan ini sebanyak 76 petugas gabungan dari unsur TNI-Polri, Manggala Agni serta rimbawan.

"Untuk bantuan sembako yang disalurkan kepada masyarakat terdampak pandemi COVID-19 sebanyak 200 paket," kata Kepala Manggala Agni Daops Sulawesi Tenggara Yanuar Fanca Kusuma.(Antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler