Bentrok Dini Dua Rival Abadi

Minggu, 27 Juni 2010 – 10:17 WIB
LAGA - Para pemain Jerman ketika bergembira usai kemenangan atas Ghana, di laga penyisihan grup, 23 Juni lalu. Malam ini, Inggris siap menjegal langkah tim panser tersebut. Foto: Cameron Spencer/Getty Images/FIFA.com.
INGGRIS dan Jerman sejatinya tidak diharapkan bentrok dalam 16 BesarNamun, penampilan Three Lions - sebutan Inggris - yang pas-pasan membuat pertemuan dini dua tim besar yang punya sejarah rivalitas panjang itu tak terhindarkan (siaran langsung RCTI pukul 21.00 WIB).

Sejauh ini, pasukan Joachim Loew punya rekor yang lebih bagus daripada Inggris

BACA JUGA: Tak Mau Pemain Cengeng

Meski sempat dikalahkan Serbia di matchday kedua lalu (18/6), performa mereka jauh lebih meyakinkan
Mereka punya determinasi tinggi dan permainan cepat

BACA JUGA: Kecewa Sendirian Wakili Afrika

Dua kemenangan didapat, salah satunya dengan skor telak 4-0 atas Australia
Sementara Inggris, meski selalu tampil dominan dalam setiap laganya, hanya mendapat dua hasil imbang dengan Amerika Serikat dan Aljazair, serta kemenangan tipis 1-0 atas Slovenia.

Kendati demikian, Loew tidak mau meremehkan Inggris

BACA JUGA: Sinyal Rujuk bagi Donovan

Menurut dia, performa terbaik Inggris memang belum keluarTapi mereka bisa meledak kapan saja"Inggris tetaplah InggrisMereka punya mental dan semangat juang tinggiPerpaduan antara John Terry, Frank Lampard, Steven Gerrard, dan Wayne Rooney bisa menciptakan kekuatan hebat di jagat sepak bola Eropa," papar Loew, sebagaimana dilansir Associated Press.

Meskipun baru kebobolan satu gol dalam tiga laga fase grup, pertahanan Jerman sejatinya tidak bagus-bagus amatDua defender sayap Philipp Lahm maupun Holger Badstuber sering terlalu asyik menyerang sehingga tidak siap menghadapi serangan balikSementara bek tengah Per Mertesacker cukup sering kecolongan.

Tapi, bukan itu yang jadi perhatian utama Loew jelang laga penting melawan InggrisYang jadi fokus utama pelatih 50 tahun itu saat ini justru buruknya finishing touch anak buahnyaKetika melawan Serbia dan Ghana, mereka mendapat banyak peluang, namun hanya satu yang bisa dikonversi menjadi gol.

"Saya ingin para striker lebih fokus, tidak kehilangan bola setiap saatSaya tidak mau lagi mereka asal berlari, dan umpannya terlalu gampang dipotong," papar Loew"Inggris tahu betul caranya mengeksploitasi hal-hal seperti iniBeri ruang sedikit saja pada Rooney dan Lampard, dan mereka tidak akan bisa dihentikan," lanjutnya.

Hanya saja, niat itu tidak gampang diwujudkanSebab, Loew sedang didera krisis pemainGelandang Bastian Schweinsteiger diperkirakan tidak bisa main lantaran cedera pahanya belum pulihDefender Jerome Boateng juga diragukan tampil akibat cedera betisSedangkan penyerang Cacau, sudah pasti absen lantaran otot perutnya tertarikBeruntung, striker senior Miroslav Klose sudah bisa tampil setelah menjalani sanksi.

Di sisi lain, kondisi Inggris sedikit lebih primaDengan pemain yang semuanya fit, pelatih Fabio Capello dipastikan bisa menerjunkan skuad terbaiknyaTermasuk, defender Ledley King yang sudah sembuh dari cedera.

Dari segi psikologis, Three Lions juga disebutkan sangat siapMenurut pelatih Fabio Capello, kemenangan tipis atas Slovenia di matchday pemungkas Grup C lalu (24/6) telah memompa kepercayaan diri anak buahnya.

"Bagi saya, tidak penting siapa yang kami hadapi di babak 16 besar," cetus Capello, sebagaimana dilansir Sky Sport"Yang lebih menggembirakan saya adalah reaksi anak-anak dalam laga terakhir melawan SloveniaKami berhasil menemukan kembali spirit dan karakter asli tim Inggris," lanjut manajer asal Italia itu.

Berkebalikan dengan kondisi internal tim jelang laga melawan Slovenia yang agak kacau, kali ini situasi di tempat latihan diakui sangat kondusif"Latihan berjalan lancarAnak-anak sangat fokus pada pertandinganTidak ada friksi yang mengganggu konsentrasi mereka," terang Capello.

"Tim kali sudah jauh lebih baikDi latihan, para pemain sangat cepat dan secara fisik bagusAnak-anak juga menampilkan fisikalitas yang selama ini mereka tunjukkan Premier LeagueSaya kira, kami siap menghadapi Jerman," tegas Capello(na/ito/jpnn)

Data Pertandingan

Stadion: Free State, Bloemfoentein
Kapasitas: 45 ribu penonton
Wasit: Jorge Larrionda (Uruguay)

Perkiraan Pemain

Jerman (4-4-2): 1-Neuer (g); 16-Lahm, 3-Friederich, 17-Mertesacker, 14-Badstuber; 13-Muller, 8-Ozil, 18-Kroos, 6-Khedira; 11-Klose, 10-Podolski
Pelatih: Joachim Loew

Inggris (4-4-2): 1-James (g); 2-Johnson, 6-Terry, 18-Carragher, 3-Cole; 16-Milner, 14-Barry, 8-Lampard, 4-Gerrard; 10-Rooney, 19-Defoe
Pelatih: Fabio Capello

Head to Head
17/06/00 Inggris v Jerman     1-0    Charleroi (Euro 2000)
07/10/00 Inggris v Jerman     0-1    London  (kualifikasi PD 2002)
01/09/01 Jerman v Inggris     1-5    Munich (kualifikasi PD 2002)
22/08/07 Inggris v Jerman     1-2    London  (uji coba)
19/11/08 Jerman v Inggris     1-2    Berlin (uji coba)

Di atas kertas
Total, kedua tim telah bertemu sebanyak 27 kaliJerman dan Inggris sama kuat, masing-masing mengumpulkan 12 kemenanganDua di antara kemenangan Jerman diraih di babak knockout turnamen besar, melalui adu penalti.

Bursa Asian Handicap
0 : 0

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tunda Pulang, Lanjutkan Dukungan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler