Berau Raih 7 Panji Keberhasilan Pembangunan, Bupati Sri: Terima Kasih ASN

Rabu, 10 Januari 2024 – 21:00 WIB
Pj Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Akmal Malik menyerahkan tujuh Panji Keberhasilan Pembangunan kepada Bupati Berau Sri Juniarsih Mas. Foto dok. Humas Pemkab Berau

jpnn.com, BERAU - Pemerintah Kabupaten Berau meraih tujuh Panji Keberhasilan Pembangunan yang merupakan capaian kinerja pemerintah daerah sepanjang 2023.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Pj Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Akmal Malik kepada Bupati Berau Sri Juniarsih Mas.

BACA JUGA: FGHNLPSI Dekati Pemda, Kawal Sisa P1 Dalam Formasi PPPK Guru 2024

Capaian tujuh panji keberhasilan pembangunan yang diraih Berau ini bertambah dari sebelumnya. Pada 2022 lalu daerah itu berhasil memperoleh lima panji keberhasilan pembangunan.

Raihan ini pun menempatkan Kabupaten Berau pada peringkat ketiga dari 10 kabupaten/kota se-Kalimantan Timur. Untuk peringkat pertama diduduki Kota Balikpapan dengan 17 panji dan peringkat kedua Kabupaten Kutai Kartanegara meraih 13 panji.

BACA JUGA: Pemda Ragu-Ragu, 1,3 Juta Formasi PPPK 2024 Terancam Tak Terpenuhi

Adapun capaian panji keberhasilan pembangunan yang diterima Berau yaitu bidang kepariwisataan dan ekonomi kreatif kategori kabupaten, bidang ketahanan pangan, bidang pembangunan kelautan dan perikanan.

Lalu, bidang sektor dekranasda, bidang penyelenggaraan administrasi kependudukan dan catatan sipil kategori kabupaten, bidang pembangunan keluarga, kependudukan, dan keluarga berencana (Bangga Kencana) kategori kabupaten, dan bidang pemberdayaan masyarakat dan penyelenggaraan pemerintahan desa.

BACA JUGA: Detik-Detik Pembunuhan Sopir Taksi Online di Sukabumi, Pelakunya Sadis

Akmal Malik mengungkapkan momen peringatan HUT ke-67 Provinsi Kaltim ini merupakan bagian dalam evaluasi program yang telah dijalankan selama ini. Sekaligus pembenahan untuk mencapai target yang lebih baik lagi.

Menurutnya sejauh ini pembangunan yang telah dilakukan sudah berada pada jalur yang tepat. Banyak kemajuan yang terjadi baik dari sisi pembangunan hingga pemberdayaan masyarakat.

"Mari jadikan peringatan ini agar menjadi lebih baik lagi kedepannya. Semangat dan motivasi tinggi dalam menghadapi tantangan," ujarnya dalam keterangannya dikutip Rabu (10/1).

Terlebih saat ini Kaltim telah ditetapkan sebagai IKN. Ini merupakan anugerah yang harus disyukuri. Jadikan kesempatan ini sebagai pioner pembangunan di Nusantara, sambungnya.

Pj Gubernur juga menyampaikan selamat kepada masing-masing daerah yang telah meraih panji keberhasilan pembangunan. Capaian ini menjadi sebuah motivasi kepada setiap daerah untuk lebih memacu pembangunan dan terus berinovasi dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

"Ini bukan kompetisi, tetapi apresiasi untuk lebih meningkatkan kinerja. Monitoring dan evaluasi pelaksanaan pembangunan di masing-masing daerah," ucapnya. 

Sementara itu, Bupati Berau Sri Juniarsih mengatakan panji keberhasilan pembangunan yang diraih merupakan hasil kerja bersama seluruh jajaran aparatur sipil negara (ASN) dari organisasi perangkat daerah (OPD). Penghargaan ini diharapkan menjadi motivasi untuk terus berbuat yang lebih baik lagi bagi daerah.

“Tentu ini menjadi semangat bagi daerah. Saya menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kabupaten Berau dan para ASN yang selama ini bersinergi dalam pembangunan Kabupaten Berau,” kata dia.

Dalam kesempatan ini, Bupati Sri menegaskan agar OPD yang belum menerima Panji bisa memacu kinerjanya, sehingga di tahun 2024, Berau kembali menerima penghargaan lebih banyak.

"Panji pembangunan ini merupakan indikator keberhasilan daerah dalam menjalankan program pembangunan di masing-masing bidang," ujar Sri. (esy/jpnn.com)


Redaktur : M. Fathra Nazrul Islam
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler