Berharap Tuah Mandela

Jumat, 11 Juni 2010 – 09:21 WIB
RESTU - Nelson Mandela bersalaman dengan Steven Pienaar (depan), saat berjumpa dengan segenap anggota tim Afsel, termasuk pelatih Carlos Alberto Parriera (kanan belakang). Foto: AFP Photo/Zwidephotos/FIFA.com.

JOHANNESBURG - Publik Afrika Selatan (Afsel) sangat optimistis bisa memenangi laga perdana, kendati di atas kertas kualitas mereka jauh di bawah MeksikoTapi, bukan Steven Pienaar, Bernard Parker, atau pelatih Carlos Alberto Parreira yang menjadi dasar kepercayaan diri mereka

BACA JUGA: El Tri Andalkan Pengalaman

Sosok yang mampu menyuntikkan konfidensi mereka jadi demikian besar itu adalah Nelson Mandela, mantan presiden yang juga Bapak Bangsa Afsel.

Mandela memang dikabarkan akan datang ke Soccer City Stadium, demi menonton pembukaan dan laga perdana nanti malam
Dia sudah mengkonfirmasi kedatangannya kepada FIFA

BACA JUGA: Momen Pembuktian Tim Favorit

Namun, masalah kesehatan bisa saja membatalkan niat kakek berusia 91 tahun tersebut untuk menyaksikan Pienaar dkk bertanding.

"Kalau Mandela jadi datang, hidup Meksiko akan sangat sulit," yakin Trevor Bongani, salah satu fans Bafana Bafana, seperti dilansir Independent Online
"Kami menyebutnya tuah Mandela

BACA JUGA: Langsung Serang Sejak Awal

Saya tidak tahu bagaimana itu bisa terjadiTapi, kami orang Afsel percaya, beliau memang menyimpan keajaiban," lanjutnya.

Sebenarnya, tuah yang dimaksud Bongani bukan berasal dari hal-hal berbau klenik atau semacamnyaSebagai pahlawan yang membebaskan seluruh negeri dari cengkraman politik apartheid di akhir dekade 80-an, sosok Mandela memang sangat dihormati oleh publik AfselBaik yang berkulit putih maupun hitamDitambah lagi, pria yang genap berusia 92 tahun bulan depan itu sangat ramah dan bersahajaDengan sendirinya, kehadiran Mandela di stadion saat Afsel melawan Meksiko, diharapkan mampu mendongkrak motivasi Pienaar dkk.

Itu sudah terbukti ketika Afsel melakukan uji coba melawan Denmark awal pekan iniAfsel mampu meredam gempuran tim berjuluk dinamit tersebut, dan menang 1-0Baru terungkap kemudian, bahwa Mandela sempat menengok skuad Afsel di kamp latihan, serta memberikan pembekalan motivasi.

"Pembekalan dari Madiba - nama marga asli Mandela - plus kemenangan itu sungguh mempertebal kepercayaan diri kami," kata bek Afsel, Aaron Mokoena"Kami mengalahkan salah satu tim terbaik di Eropa, dan bahkan duniaItu dorongan besar buat kami semuaKami sangat berharap Madiba bisa datang, walau sebentarKami tidak akan mengecewakan beliau," janjinya.

Di sisi lain, Presiden Afsel Jacob Zuma membuat kejutan dengan mendatangi kamp latihan Afsel kemarin siang"Saya hanya ingin menyampaikan kepada para pemain, bahwa seluruh rakyat Afsel mendukung merekaMereka tidak perlu takut, karena mereka akan menangMereka akan membawa kejayaan buat Afsel," papar Zuma kepada Reuters(na)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Robben Absen di Laga Perdana


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler