Langsung Serang Sejak Awal

Jumat, 11 Juni 2010 – 04:16 WIB
SERIUS - Steven Pienaar (depan) dan rekan-rekannya, Kamis (10/6), di Soccer City, Johannesburg, berlatih serius jelang pertandingan perdana mereka yang sekaligus mengiringi pembukaan PD 2010. Foto: Clive Mason/Getty Images/FIFA.com.

JOHANNESBURG - Perhelatan sepakbola superakbar empat tahunan, Piala Dunia 2010 Afrika Selatan (Afsel) resmi dibuka nanti soreSebagai laga perdana, tuan rumah Afsel akan meladeni tantangan salah satu tamunya, Meksiko, di Soccer City Stadium, Johannesburg (siaran langsung RCTI mulai pukul 20.15 WIB).

Ekspektasi tinggi dibebankan kepada kedua negara yang membuka turnamen perdana di benua Afrika tersebut

BACA JUGA: Robben Absen di Laga Perdana

Selain harus memetik poin, Afsel dan Meksiko juga diharapkan menyajikan pertandingan yang menghibur
Caranya adalah melalui permainan atraktif dan strategi ofensif.

Dilihat dari beberapa uji coba sebelumnya, tuan rumah cukup percaya diri bisa meraih kemenangan dengan permainan indah

BACA JUGA: Sambutan Fans Seperti di Rumah

Setelah sempat mengalami fase pahit puasa gol selama 300 menit lebih, sejak Januari lalu mereka mulai menunjukkan progres meyakinkan
Dua pekan terakhir, mereka juga sudah mengalahkan tiga lawan yang secara teknis cukup tangguh, yakni Kolombia (27/5), Guatemala (31/5), dan sesama kontestan PD, Denmark (5/6).

"Kami sudah mengamati permainan Meksiko ketika melawan Inggris, Belanda, dan terakhir Italia

BACA JUGA: Mulai Bising dengan Vuvuzela

Mereka sangat bagus," ujar striker Afsel Katlego Mphela, seperti dikutip Associated Press"Tapi Afsel sendiri juga sedang on fire, dan kami sangat siap tempurSatu hal yang harus diwaspadai Meksiko, secara fisik kami bisa bermain dengan kekuatan penuh selama 90 menit," lanjut tukang gedor Memelodi Sundowns tersebut.

Mphela sendiri dipastikan bakal menjadi salah satu andalan Bafana Bafana - sebutan Afsel - untuk laga perdana iniDia membukukan enam gol dalam lima laga uji coba terakhir Afsel, dan sedang dalam puncak performaKendati demikian, dia sendiri mengakui bahwa menjebol gawang Meksiko bakal jauh lebih sulit daripada laga-laga uji coba mereka sebelumnya.

"Kalau saya mendapat kans mencetak gol, tentu saya akan memaksimalkannyaDan gol-gol yang saya cetak di laga uji coba itu telah mendongkrak moral saya serta pemain lainSaya yakin tim ini siap untuk mengalahkan Meksiko," tegas Mphela.

Kubu Afsel menyadari, ketika berhadapan dengan Meksiko, perbedaan kualitas individu maupun tren performa menempatkan mereka di sisi underdogNamun, Afsel punya satu senjata rahasia yang sudah pasti tidak dimiliki sang tamuYakni, dukungan sekitar 90 ribu warga lokal yang bakal memadati Soccer City Stadium.

"Misi anak buah saya adalah membuat negeri ini bangga," ucap Carlos Alberto Parreira, pelatih Afsel, sebagaimana dikutip Reuters"Kami boleh tidak diunggulkan di siniTapi sekalinya bola bergerak, segalanya bisa terjadiSemua orang bilang grup kami sangat berat, tapi kami 100 persen siapSaya yakin suporter bakal jadi pemain ke-12 buat kami," lanjut pelatih Brazil saat meraih juara edisi 1994 tersebut.

Di sisi lain, Meksiko bisa dibilang sebagai tim yang paling siapJumlah uji coba mereka di bawah pelatih Javier Aguirre jauh lebih banyak dibanding tim-tim lainUntuk melatih mental anak buahnya, Aguirre selalu membawa anak buahnya beruji coba di luar negeriDengan demikian, mereka terbiasa melawan tekanan yang berasal dari tribun penonton.

Kiat itu berhasilSelama dua bulan terakhir, grafik penampilan El Tri - sebutan Meksiko - terus menanjakTerakhir, mereka mengalahkan juara bertahan Italia 2-1 (3/6)Hal itu tentunya memberi tambahan motivasi tersendiri buat Carlos Vela dkk.

"Kami sudah mempelajari gaya Afsel," ungkap gelandang serang El Tri, Andres Guardado, kepada Sport 24"Kami tahu bahwa pertahanan mereka sangat tangguh, dan secara fisik sangat kuatTapi kami yakin bisa mengulang penampilan seperti saat melawan ItaliaSaya optimistis, laga pembuka ini akan membawa keberuntungan buat Meksiko," lanjut gelandang Deportivo La Coruna tersebut.

Soal kepercayaan diri, Meksiko memang tidak bisa mengandalkan suporter yang jelas kalah jumlah dibanding fans tuan rumahTapi setidaknya mereka mendapat suntikan konfidensi oleh hadirnya dua punggawa senior, defender Rafael Marquez dan striker kedua Guillermo Franco yang sudah pulih dari cedera.

Hanya satu masalah teknis yang belum diselesaikan Aguirre, yakni menunjuk kiper utamaSampai tadi malam, dia belum menentukan antara Guillermo Ochoa dan Oscar Perez yang bakal mengawal mistar Meksiko nanti malam"Itu keputusan pelatihSaya sendiri tidak tahu siapa yang bakal main," ungkap Ochoa(na)

Perkiraan Pemain
Afsel (4-3-2-1): 16-Khune (g); 2-Gaxa 4-Mokoena, 20-Khumalo, 3-Masilela; 13-Dikgacoi, 12-Letsholonyane, 8-Tshabalala; 10-Pienaar, 17-Parker; 9-Mphela
Pelatih: Carlos Alberto Parreira
Meksiko (4-4-2): 13-Ochoa (g); 16-Juarez, 4-Rafa Marquez, 5-Osorio, 3-Salcido; 17-Dos Santos, 6-Torrado, 8-Castro, 18-Guardado; 14-Javier Hernandez, 11-Carlos Vela
Pelatih: Javier Aguirre

Lima Laga Terakhir
Afsel
05/06/10     v Denmark (home)       1 - 0
31/05/10     v Guatemala (home)    5 - 0
27/05/10     v Kolombia (home)       2 - 1
24/05/10     v Bulgaria (home)         1 - 1
14/11/09     v Jepang (home)           0 - 0

Meksiko
03/0610     v Italia (away)                     1 - 2
26/05/10    v Belanda (away)               2 - 1
24/05/10    v Inggris (away)                  3 - 1
04/03/10    v Selandia Baru (home)   2 - 0
09/06/08    v Peru (home)                     4 - 0

Di Atas Kertas
Kedua negara belum pernah bertemu di even resmi sebelumnyaNamun, dilihat dari kualitas individu dan tren permainan, Meksiko lebih dijagokanFaktor tuan rumah juga tidak banyak berpengaruh, karena Meksiko sering memenangi laga uji coba di luar kandang.

Bursa Asian Handicap
0 : 0

BACA ARTIKEL LAINNYA... Gol Torres Bikin Lega


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler