Beri Bantuan untuk Masyarakat Daerah 3T, Mensos Risma Desain Sendiri Bangunan SD

Jumat, 03 November 2023 – 08:42 WIB
Mensos Risma memberikan bantuan untuk masyarakat di daerah 3T di Krayan, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara), Kamis (2/11). Foto: Dokumentasi Humas Kemensos

jpnn.com - Menteri Sosial Tri Rismaharini (Risma) memberikan bantuan untuk masyarakat di daerah Tertinggal, Terdepan dan Terluar (3T) di Krayan, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara), Kamis (2/11).

Bantuan yang diberikan berupa seragam sekolah, komputer, alat produksi garam, hingga Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS).

BACA JUGA: Bu Risma Luncurkan Program PENA di Sidoarjo, Ini Tujuannya

Kunjungan dilakukan Mensos Risma sebagai misi pemberdayaan bagi masyarakat di daerah 3T, khususnya Kaltara dalam upaya mendukung pendidikan dan kesejahteraan masyarakat di sana. 

Krayan sendiri berbatasan langsung dengan negara tetangga, yakni wilayah Serawak, Malaysia.

BACA JUGA: Ternyata Begini Modus Pencucian Uang oleh Panji Gumilang

Risma harus menggunakan pesawat perintis carter berkapasitas 12 orang dari Bandara Juwata Tarakan dan helikopter untuk mencapai beberapa wilayah karena sulitnya medan menuju lokasi dengan kontur pegunungan dan tidak tersedianya akses darat.

Kedatangan Risma di Krayan Tengah disambut disambut anak sekolah, SD maupun SMP, serta masyarakat setempat.

BACA JUGA: Megawati dan Jokowi Sepakat Mencalonkan Ganjar jadi Presiden, Ada Pramono

"Kemarin, kami ingin memberikan sesuatu untuk anak-anak, tapi kami belum tau jumlah (anak-anak)nya, datanya belum ada. Jadi, ini baru simbolis saja ya. Nanti saya kasih 3 komputer untuk SD, 3 komputer untuk SMP ya," kata Risma.

Dia juga mengingatkan masyarakat akan penggunaan PJUTS yang diberikan.

"Kami akan bantu. Nanti Pak Camat rundingkan dengan Pak Dedi penggunaan PJUTS yang memanfaatkan sinar matahari. Jadi, enggak perlu pakai solar atau energi lainnya, sudah itu, bisa langsung dipakai," lanjutnya.

Selain Krayan Tengah, bantuan serupa juga diberikan untuk masyarakat di Krayan Selatan dan Krayan Induk. Di Krayan Induk, juga dilakukan peletakan batu pertama di SDN 007 Liang Butan.

Menariknya, desain bangunan SD itu dibuat oleh Risma.

"Saya ini arsitek yang kesasar jadi menteri. Inilah gedung SD yang saya desain sendiri. Sebenarnya untuk dua lantai, tetapi lihat nanti apakah bahan bakunya ada," kata Risma.

Seusai menyerahkan bantuan, Mensos Risma menyempatkan menuju Tapal Batas Indonesia - Malaysia.

Dia juga menjajal langsung PJUTS untuk memastikan lampu-lampu tersebut berfungsi dan dapat menerangi aktivitas masyarakat Krayan dengan baik di malam hari.

Setelah Krayan, Risma juga mengunjungi Pulau Nunukan dan Pulau Sebatik untuk menyerahkan bantuan serupa dari Kemensos bagi masyarakat di daerah 3T.(mcr8/jpnn)


Redaktur : M. Fathra Nazrul Islam
Reporter : Kenny Kurnia Putra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler