Beritakan Snowden, The Guardian Sabet Penghargaan

Minggu, 20 Oktober 2013 – 20:23 WIB

jpnn.com - ATLANTA - Media asal Inggris, The Guardian meraih dua penghargaan atas berita online seputar pelarian mantan pegawai kontrak lembaga inetelejen AS, Edward Snowden. Penghargaan diberikan oleh Asosiasi Berita Online atau Online News Association (ONA) di Atlanta, Amerika Serikat, Sabtu (19/10).

Guardian yang juga hadir dalam versi surat kabar menyabet penghargaan untuk kategori jurnalisme investigatif yang inovatif. Dari penuturan Snowden, Guardian mengupas secara mendalam tentang aktivitas mata-mata yang dilakukan Badan Keamanan Nasional (NSA) AS terhadap waganya sendiri maupun sejumlah lembaga di dunia.

BACA JUGA: Cupcake Raksasa Meriahkan Ultah ke-40 Gedung Opera Sidney

Penghargaan juga diraih oleh surat kabar The New York Times atas artikel Snow Fall yang mengisahkan bahaya longsoran salju. Sedangkan situs berita NYTimes.com diberi penghargaan karena dianggap menawarkan jurnalisme online yang cemerlang.

Situs berita BostonGlobe.com dan Boston.com memenangkan penghargaan untuk kategori berita baru (breaking news). Keduanya diganjar penghargaan berkat liputan insiden pengeboman pada arena lomba lari maraton Boston. Selain itu Boston Globe juga menerima penghargaan layanan publik atas pemberitaan proyek 68 Blok.

BACA JUGA: Badut Tembak Bos Narkoba Meksiko

Penghargaan untuk kolom komentar di internet kategori media besar dimenangkan oleh wartawan Ezra Klein dari The Washington Post. Sedangkan untuk kategori media ukuran sedang diraih oleh Stuff Nation asal Selandia Baru.

Asosiasi Berita Online yang berdiri sejak tahun 1999 juga memberi penghargaan untuk kategori feature radio terbaik. Penghargaan diberikan kepada Radio Canada atas laporan interaktif berjudul #Banlieuelanuit. (AFP/dil/jpnn)

BACA JUGA: Darurat Kebakaran di Australia, 200 Rumah Lebih Dilalap Api

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sultan Sulu Jamalul Kiram III Meninggal Dunia


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler