Berkabut, Jadwal Penerbangan di Jambi Kacau

Kamis, 15 September 2011 – 02:52 WIB

JAMBI - Kabut asap yang melanda Kota Jambi membuat jadwal pemberangkatan dan pendaratan pesawat ke Jambi atau sebaliknya menjadi kacauTerkadang pesawat yang dijadwalkan mendarat pada pagi hari, baru tiba di Jambi siang hari

BACA JUGA: John Pieris: Tragedi Ambon Diremot dari Jakarta

Demikian juga saat pemberangkatan, pesawat yang dijadwalkan berangkat pagi, ternyata baru bisa diterbangkan menjelang siang bahkan bisa sore hari


Hal ini diakui Vita, salah seorang Petugas Costumer Service Bandara STS Jambi

BACA JUGA: Besok, Pimpinan MRP Dilantik

“Hari ini saja jadwal delay lebih lama dibanding kemarin,” kata Vita kepada Jambi Ekspres (JPNN Grup), Rabu (14/9)


Cepat atau lambat pesawat mendarat, lanjut Vita tergantung lagi dari kabut asap

BACA JUGA: Cuaca Buruk, Evakuasi Susi Air Gagal Lagi

Bila keadaan kabut tidak tebal, pendaratan akan lebih  cepatSedangkan bila kabut tebal secara otomatis pendaratan akan memakan waktu lebih lama“Kan jarak pandang jadi terbatas akibat kabut asap ini,” terangnya.

Ia mengungkapkan jadwal pesawat mendarat di Jambi adalah pukul 13.15Sehari sebelumnya jadwal pendaratan sendiri pukul 11.20“Lebih baik dibandingkan sehari sebelumnya,” jelasnya.

Selain itu, untuk penundaan keberangkatan pesawat terjadi pada keseluruhan maskapai penerbangan yang beroperasi di JambiAkibat kabut asap ini, tambahnya, pihak maskapai telah memberitahukan kepada seluruh penumpang bahwa jadwal penundaan keberangkatan pesawat.

Untungnya penumpang pesawat dapat mengerti dengan kondisi cuaca saat ini“Saya emang beli tiket yang siang hariKan kalau pagi ada kabut asap,” ujar Iwan salah seorang penumpang yang sedang menunggu jadwal keberangkatan.

Ia pun tidak bisa menyalahkan agen penjualan tiketMenurutnya ini adalah kejadian alamDan bukan sengaja dibuat-buat“Jadi untuk apa marah-marah,” katanya.

Hal senada diungkapkan Ina, salah seorang mahasiswi Perguruan Tinggi (PT) di Solo yang sedang berlibur di kampung halamannnyaMenurut dia, sudah memesan tiket pulang-pergi menggunakan maskapai penerbangan di Solo“Jadwal pun saya minta siang hari karena tahu kondisi kabut asap,” terangnya.

Ina juga tidak bisa menyalahkan pihak maskapai maupun agen penjual tiket pesawat, karena keberangkatannya didelay“Ini kan bukan unsur kesengajaan,” katanya.

Sedangkan agen penjual tiket Sriwijaya Air di Bandara STS melalui salah seorang staf yang enggan namanya disebutkan mengungkapkan, walaupun terjadi kabut asap tapi tidak merugikan pihak maskapai“Karena yang berangkat sekarang ini, sudah memesan tiket jauh-jauh hari,” jelasnya.

Untuk pembelian tiket pun menurutnya tetap berjalan normal walaupun terjadi pendelayan penerbanganPihaknya pun dengan kejadian kabut asap telah memberitahukan kepada sejumlah penumpang bila nantinya terjadi penundaan keberangkatan“Penumpang pun memaklumi kejadian ini,” tuturnya(yos)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Titah Pimpinan Latupati: Jaga Keamanan!


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler