Berkat Inovasi Pengelolaan Sampah, Pemuda Pelopor Ini Raih Penghargaan dari Kemenpora

Senin, 01 Januari 2024 – 12:33 WIB
Intan Josefin Purba (berbaju merah) Intan Josefin Purba meraih juara 1 sebagai Pemuda Pelopor Tingkat Nasional Bidang Inovasi dan Teknologi Tahun 2023 dari Kemenpora. Foto: dok. pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Intan Josefin Purba meraih juara 1 sebagai Pemuda Pelopor Tingkat Nasional Bidang Inovasi dan Teknologi Tahun 2023 dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Pionir muda asal Kota Pematang Siantar, ini meraih prestasi atas dedikasinya mengembangkan ide-ide inovatif yang mendorong perubahan positif dalam pengelolaan sampah.

BACA JUGA: Berkat Sampah, Govvinda Jadi Jawara Pemuda Pelopor Tingkat Nasional

"Saya tidak menyangka karya saya bisa mendapatkan apresiasi dari pemerintah," kata Intan Josefin Purba, dalam keterangannya, Senin (1/1).

Perjalanan gemilang Intan Josefin Purba dimulai dari keseriusannya dalam mengelola budi daya maggot atau larva lalat tentara hitam (Black Soldier Fly/BSF).

BACA JUGA: Peserta Pemuda Pelopor dan Pasangan Muda Inspiratif Sambangi Kantor Kemenpora RI

Dedikasi yang tulus terhadap inovasi ini membawanya ke KELOLA, di Jalan Matio, Kelurahan Nagahuta Timur, Kecamatan Siantar Marimbun.

Alumnus  Institut Teknologi Bandung (ITB) ini mengolah sampah menggunakan BSF, menemukan potensi dalam pengelolaan limbah organik melalui inovasi ini.

BACA JUGA: Kemenpora Berikan Penghargaan untuk Pemuda Pelopor Perubahan

Pada 2022, dia berkolaborasi dengan KELOLA mengelola sampah organik di Pematang Siantar, dengan kapasitas mencapai 200-500 kilogram per hari menggunakan Maggot BSF.

"Penghargaan ini memberikan saya semangat untuk terus berkarya hingga saat ini," tuturnya.

Keberhasilan Intan Josefin Purba adalah contoh inspiratif bagi pemuda dan pemudi Indonesia. Perannya membuktikan bahwa dedikasi dan inovasi pemuda mampu membawa dampak positif yang signifikan pada lingkungan dan masyarakat.

Harapannya bukan hanya pada pencapaian pribadi, melainkan juga pada dorongan bagi generasi penerus untuk lebih berani, kreatif, dan peduli terhadap lingkungan sekitar.

"Generasi muda harus lebih aware lagi terhadap media sosial, karena pemerintah sudah mewadahi kegiatan pemuda agar bisa terus berkarya," ungkapnya. (jlo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler