Berkat Program Lapak Ganjar, Nila Crispy Banyumas Laris Manis

Rabu, 10 Januari 2024 – 00:47 WIB
Capres nomor urut tiga pada Pemilu 2024, Ganjar Pranowo memegang produk UMKM Nila Crispy Sarmila. Dok: Tim media GP.

jpnn.com, BANYUMAS - Ada cerita menarik saat capres nomor urut tiga pada Pemilu 2024, Ganjar Pranowo bertemu dengan para pelaku UMKM di Hetero Space Banyumas, Selasa (9/1/2024).

Ternyata, capres berambut putih itu benar-benar mampu menjadikan UMKM naik kelas sejak masih menjabat sebagai gubernur Jawa Tengah.

BACA JUGA: Kehadiran Atikoh Ganjar di Pringsewu Bikin Sukarelawan Menitikkan Air Mata

Ya, itu diceritakan oleh Sri Narsih, pemilik usaha Nila Crispy "Sarmila" Desa Bobosan, Kecamatan Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas. Di hadapan Ganjar, Narsih mengaku keuntungannya meningkat dua kali lipat berkat Ganjar.

"Saya terima kasih loh, Pak. Gara-gara Pak Ganjar datang ke rumah lihat UMKM ini, langsung membuat penjualan meningkat sampai seluruh Indonesia," kata Narsih.

BACA JUGA: Ganjar Tidak Sekadar Mengkritisi Prabowo soal Alutsista, tetapi Punya Solusinya

Dia menyeriusi usahanya itu sejak 2019, tetapi masih belum berkembang dengan baik. Hingga akhirnya, ikut Lapak Ganjar, ajang promosi melalui akun Ganjar di Instagram, permintaan pembeli pun meledak.

"Pas waktu itu Pak Ganjar juga berkunjung ke tempat saya. Wah, Nila crispy saya tambah laris, Pak. Omzet meningkat sampai dua kali lipat," ujar dia.

BACA JUGA: Masinton Sebut Prabowo Follower Ganjar di Debat Capres, Begini Kalimatnya

Bahkan, Narsih sangat menguasai bagaimana memanajemen usahanya. Lantaran, setelah Lapak Ganjar, ia aktif mengikuti kegiatan di Hetero Space.

"Produk kami dibuat sesuai pasarannya. Kalau yang packagingnya bagus itu buat anak muda dan yang biasa itu buat kalangan rumahan," ungkapnya.

Seusai acara, Narsih menambahkan bahwa Ganjar benar-benar peduli nasib UMKM. Mulai dari Lapak Ganjar, Hetero Space, hingga mendatangi langsung ke tempat-tempat produksi.

"Pak Ganjar sangat peduli dengan UMKM. Usaha saya dikenal lewat Lapak Ganjar dan berkembang di Hetero Space," tuturnya.

Dari peningkatan omset tersebut, membuat kehidupannya menjadi lebih sejahtera.

"Tentu kehidupan keluarga lebih sejahtera. Kalau mau apa-apa bisa lah. Senangnya bisa bantu suami cari nafkah. Anak tiga juga sekolah semua," ucapnya.

Narsih berharap capres yang berpasangan dengan Mahfud MD itu dapat menerapkan program-program seperti Lapak Ganjar dan Hetero Space ke tingkat nasional.

"Ya, harapannya bisa dikembangkan di tingkat nasional," harapnya.

Sementara Ganjar Pranowo mengatakan bahwa Hetero Space merupakan ruang kolaborasi untuk saling menginspirasi, terutama bagi kalangan anak muda.

"Ini adalah co-working sekaligus creative hub yang bisa dimanfaatkan oleh para pekerja, freelance sampai pebisnis untuk saling berjejaring dan berkolaborasi," ungkapnya.

Waktu itu, Ganjar telah mendirikan Hetero Space di tiga kota, yakni Semarang, Solo, dan Banyumas.

"Dan kemudian membuat banyak sekali pelatihan meeting point bagi para pelaku UMKM dan koperasi berlatih di sini. Mengharukan bagi saya ketika ada ibu berjualan kripik ikan, dia mengatakan waktu kita ke sana dulu terus kemudian kita endorse penjualan naik sampai 200 persen," pungkas dia. (jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Alam Hadiri Talkshow dan Peluncuran Buku Ganjar di Mata Milenial


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler