Bin Hammam Sibuk Rayu Platini

Rabu, 23 Maret 2011 – 16:10 WIB
ZURICH - Dukungan terus digalang Mohamed Bin Hammam untuk menantang Sepp Blatter dalam pemilihan presiden FIFA untuk periode 2011-2015Salah satu dukungan penting yang dibutuhkan adalah dari Presiden UEFA Michel Platini.

Bin Hammam membutuhkan dukungan dari Eropa yang memiliki 53 asosiasi sepak bola

BACA JUGA: Dua Pemain Naturalisasi Merapat

Ketika bidding host Piala Dunia 2022 lalu, Platini berada di belakang Bin Hammam untuk mendukung penuh Qatar sebagai tuan rumah.

Apakah kerjasama mereka akan kembali terjalin? Bin Hammam berusaha sangat keras untuk mencapai deal dengan Platini
Masalahnya, bagi Platini memberikan dukungan kepada Bin Hammam sangatlah dilematis baginya.

Pasalnya, Platini punya ambisi merebut kursi presiden FIFA pada 2015 nanti

BACA JUGA: KPPN Adukan PSSI ke Menpora

Bila menilik pada situasi itu, maka lebih menguntungkan baginya untuk mendukung Sepp Blatter yang rencananya tidak akan lagi mencalonkan setelah 2015.

Sedangkan, Bin Hammam, bila menang pada pemilihan kali ini, maka dia berencana melanjutkan setidaknya dua periode
Itu artinya, akan menjadi pesaing kuat buat Platini pada 2015 mendatang

BACA JUGA: Waspadai De Porras-Ortiz

Hanya, sulit bagi Platini untuk memberikan dukungan kepada Blatter.

Blatter memang berasal dari Eropa, tapi sekarang hubungannya dengan beberapa asosiasi sepak bola Eropa sedang burukItu tidak lepas dari bidding host Piala Dunia 2018 dan 2022Yang paling jengah dengan Blatter adalah Inggris.

Beberapa asosiasi sepak bola di Eropa sudah menyuarakan untuk memilih kandidat lain di luar BlatterMakanya, sekarang Bin Hammam sedang berupaya mencapai deal dengan Platini untuk mengamankan suara Eropa.

"Semua orang punya hak untuk berambisi dan tidak ada yang bisa menghentikan dia (Platini) untuk mencalonkan diri pada 2015Saya tidak punya kuasa untuk menghalangi ituSaya sekarang berusia 61 tahun dan ingin memberikan kontribusi," kata Bin Hammam, seperti dikutip Goal.

"MrPlatini mungkin akan menjadi lawan saya pada 2015 nanti, tapi saya punya ambisi untuk menjadi presiden pada 2011Bila kami tidak mengambil peluang itu sekarang, terus kapan lagi kami mendapatkannya," tutur pria asal Qatar itu.

Selain dari Eropa, dukungan buat Bin Hammam berpeluang datang dari negara-negara di bawah CONCACAF alias konfederasi sepak bola Amerika Utara dan kepulauan KaribiaItu tidak lepas dari kekecawaan CONCACAF atas kuota mereka di Piala Dunia 2014 nanti.

Chuck Blazer, anggota komite eksekutif dari Amerika Serikat, yang sebelumnya dikenal sebagai sekutu Blatter, terang-terangan memberikan dukungan kepada Bin HammamBerikutnya tinggal menanti deal dengan Jack Warner, Presiden CONCACAF(ham)

BACA ARTIKEL LAINNYA... PSM Harus Menang


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler