Biola Kapal Titanic Laku Rp 14 Miliar

Senin, 21 Oktober 2013 – 10:56 WIB

jpnn.com - LONDON -- Sebuah biola yang dimainkan pemimpin band kapal Titanic selagi kapal mewah itu perlahan tenggelam, telah terjual dalam lelang seharga USD 1,4 juta atau Rp 14 miliar.

Alat musik gesek itu terjual Sabtu (19/10) di rumah lelang di bagian selatan Inggris. Sang pemenang berasal dari Inggris.

BACA JUGA: Bom Mobil Tewaskan Puluhan Tentara Suriah

Henry Aldridge and Son, rumah lelang yang mengkhususkan diri pada barang-barang peninggalan kapal Titanic, mengatakan penjualan itu merupakan harga tertinggi di dunia untuk memorabilia terkait Titanic.

"Biola itu menarik banyak minat karena nilai sentimentalnya. Alat musik ini adalah ikon. Biola ini melambangkan keberanian sebagai sifat alami manusia, cara pemuda ini dan rekan-rekannya serta semua orang yang bersikap berani di atas kapal itu, bertahan dan melaksanakan tugas mereka sampai saat-saat terakhir,” ujar Ketua juru lelang Alan Aldridge seperti dilansir BBC (19/10).

BACA JUGA: Tolak Rencana Perundingan Damai Israel-Palestina

Selain dari Inggris, biola itu juga menarik minat kolektor dari seluruh dunia. Petugas rumah lelang membutuhkan waktu tujuh tahun untuk memeriksa keaslian biola tersebut.

"Biola itu milik Wallace Hartley, pemimpin kelompok musik band di kapal Titanic yang memainkan himne, "Nearer, My God to Thee" ketika kapal mewah yang naas itu perlahan tenggelam," sambungnya.

BACA JUGA: Pembicaraan Damai Suriah Digelar 23 November

Hartley dan semua rekannya dalam kelompok musik itu tewas dalam musibah Titanic. Biola tersebut belakangan kemudian ditemukan, terikat pada jenazah Hartley yang mengambang.

Selama bertahun-tahun, alat musik itu telah beralih tangan ke beberapa orang, termasuk tunangan Hartley, yang meninggal pada 1939. (esy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Militer Australia Investigasi Penyebab Kebakaran


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler