BKSAP Sebut Penanaman Pohon di DPR untuk Bumi yang Lebih Baik

Jumat, 07 Oktober 2022 – 16:51 WIB
Wakil Ketua BKSAP DPR RI Putu Supadma Rudana saat menghadiri 'Tree Planting to Commemorate P20 Indonesia 2022' di Taman Energi Surya DPR RI, Senayan, Jakarta, Jumat (7/10/2022). Foto: Jaka/nvl

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Putu Supadma Rudana mengatakan pihaknya bersama segenap pimpinan delegasi 'The 8th Parliamentary Speakers’ Summit (P20)' Indonesia 2022 melakukan penanaman pohon bertempat di Taman Energi DPR RI.

Putu mengungkapkan, gerakan penanaman pohon tersebut bertujuan untuk mendorong, membangkitkan, dan menggaungkan semua pihak agar bumi lebih baik, bersih, dan hijau.

BACA JUGA: BKSAP: Indonesia Berkomitmen Mewujudkan Emisi Nol Bersih pada 2060

“Gerakan ini kami dorong untuk membangkitkan semua pihak dan kami gaungkan agar bumi lebih baik, lebih bersih dan lebih hijau sekaligus sebagai sebuah implementasi dari ungkapan bijak, the best time to plant a tree is 20 years ago but the second best time is right now,” ujar Putu seusai menghadiri 'Tree Planting to Commemorate P20 Indonesia 2022' di Taman Energi Surya DPR RI, Senayan, Jakarta, Jumat (7/10).

Politisi Fraksi Partai Demokrat tersebut mengungkapkan DPR RI selaku tuan rumah P20 ingin menunjukkan Indonesia merupakan bangsa ramah yang betul-betul ingin mencarikan solusi yang baik terhadap tantangan global.

BACA JUGA: BKSAP DPR: Anggota Parlemen Integrasikan Pendekatan HAM untuk Atasi Perubahan Iklim

Selain itu, penanam pohon itu sebagai bentuk komitmen DPR RI bersama seluruh delegasi negara-negara P20 terhadap mitigasi dan penyelesaian climate change.

P20 disebut Putu sebagai momentum terbaik dalam menyosialisasikan untuk mengalihkan transisi energi dari energi fosil menuju energi berkelanjutan.

BACA JUGA: Ketua BKSAP Ajak Anggota G20 Tingkatkan Kerja Sama Atasi Persoalan Global

Tak hanya itu, Putu menyatakan DPR RI bersama segenap delegasi P20 terus berkomitmen dalam net zero energy menuju energi bersih.

Dia menuturkan DPR RI melakukan transisi penggunaan energi fosil menjadi tenaga surya dibuktikan melalui adanya pembangunan panel surya di Taman Energi yang bisa memenuhi 25 persen kebutuhan listrik di Gedung DPR RI.

Putu juga menyampaikan, DPR RI bersama segenap delegasi P20 ingin mengawal ketahanan pangan, ketahanan energi dan menginginkan agar tantangan global segera selesai.

Sehingga, kata Legislator dapil Bali itu, diharapkan momentum gerakan penanaman pohon tersebut bisa menjadi budaya keseharian bagi seluruh masyarakat Indonesia dan dunia.

“Gerakan penanaman pohon ini harus juga menjadi budaya di desa-desa dimulai dari lingkungan terkecil, yaitu keluarga. Dengan momentum P20, mari lakukan gerakan ini dari sekarang ke depannya agar menjadi budaya yang baik dalam gerakan menanam pohon bersama,” ajak Putu.

Pada kesempatan itu, sekaligus sebagai momen untuk mengingatkan kembali agar dukungan terhadap pembiayaan iklim dari negara maju bagi negara berkembang sebesar US$ 100 miliar melalui Green Climate Fund (GCF) harus segera dipenuhi.

“Kami berharap agar realisasi dukungan dari GCF sebesar USD100 miliar bisa segera diwujudkan agar negara bisa menuju net zero emission,” pungkas Putu. (jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

BACA ARTIKEL LAINNYA... BKSAP DPR Dorong Parlemen Uni Eropa Lebih Membuka Diri, Ini Tujuannya


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Dedi Sofian, Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler