BPIH Sudah Mulai Dilunasi Senin Depan

Jumat, 12 Agustus 2011 – 16:52 WIB
JAKARTA - Seluruh calon jamaah haji (calhaj) 2011 reguler sudah menunggu-nunggu kepastian pelunasan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH)Kemarin (11/8) Presiden Susilo Bambang Sudhoyono (SBY) telah menyetujui dan meneken peraturan presiden (Perpres) tentang BPIH 2011

BACA JUGA: Ketua MA: Nazarudin Tidak Diistimewakan

Pelunasan dimulai Senin pekan depan (15/8).

Dalam perpres tersebut, tidak ada perubahan besaran BPIH 2011 dibandingkan saat ditetapkan DPR bulan lalu
Rata-rata BPIH tahun ini adalah 3.533 USD

BACA JUGA: El Idris Inginkan Nazaruddin jadi Saksi Meringankan

Dengan asumsi pemerintah 1 USD = Rp 8.700, maka rata-rata besaran BPIH tadi setara dengan Rp 30.737.100
Rata-rata besaran BPIH tahun ini mengalami penurunan Rp 343.500 dibandingkan dengan tahun lalu.

Besaran BPIH 2011 yang telah ditetapkan kemarin, berbeda di setiap embarkasi

BACA JUGA: Nazaruddin Bakal Ditahan di Mako Brimob

Emarkasi Aceh merupakan embarkasi dengan BPIH termurah yaitu sebesar Rp 28.579.500Sedangkan embarkasi dengan BPIH tertinggi adalah di embarkasi Makassar yaitu sebesar Rp 33.016.500.

Dengan dikeluarkannya Perpres tentang BPIH 2011 tersebut, mulai hari ini calhaj sudah bisa menghitung tunggakan ongkos naik haji yang harus dilunasiSeperti diketahui, saat mendaftar calhaj di seluruh embarkasi wajib setor uang muka naik haji senilai Rp 25 juta.

Dalam perpres tersebut juga ditentukan waktu pelunasan BPIHUntuk calhaj reguler sejumlah 194 ribu, pelunasan BPIH sudah bisa dilakukan mulai Senin pekan depan (15/8) hingga 26 AgustusJika pada masa ini masih ada calhaj yang belum mampu melunasi BPIH, diberi masa perpanjangan pada 6-9 September.

Jika hingga masa perpanjangan tersebut masih ada calhaj yang belum bisa melunasi BPIH, maka akan digantikan dengan jamaah yang masuk daftar tunggu atau waiting list 2012Jamaah yang belum bisa melunasi BPIH tersebut, otomatis masuk daftar tunggu keberangkatan 2012Jamaah yang bakal menggantikan jamaah ini, diambil berdasarkan nomor urut kursi yang sudah ditentukan.

Menag Suryadharma Ali (SDA) mengucapkan jika presiden menyetujui rancangan BPIH 2011 sesuai dengan hasil keputusan DPR dan pemerintah pada 21 Juli lalu"Pelunasan bisa dimulai sampai paling lambat September awal," kata SDA usai sidang kabinet di Kantor Presiden, kemarin (11/8).

Dalam sidang kabinet tersebut, SDA dan sejumlah menteri terkait menyampaikan paparan tentang pelaksanaan hajiTermasuk juga dari Badan Pusat Statistik (BPS) yang menyampaikan tingkat kepuasan jamaah haji atas pelaksanaan ibadah haji.

Presiden SBY saat membuka sidang kabinet meminta penyelenggaraan dan pelayanan ibadah haji makin baik dari tahun ke tahunBerbagai masalah dan keluhan yang masih terjadi, kata dia, harus diperbaiki"Makin ke depan makin kita sempurnakanBiaya haji harus lah tepat, serendah yang bisa kita capai," kata SBY(fal/wan)

BACA ARTIKEL LAINNYA... MA Tolak Rekomendasi KY Bila Menyangkut Putusan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler