BPJS Kesehatan Nunggak Rp 15 M ke RSUD Brebes

Kamis, 02 Agustus 2018 – 00:51 WIB
Pasien pengguna BPJS Kesehatan sedang menjalani perawatan di Kelas III di salah satu Rumah Sakit Pemerintah di Kab Takalar beberapa waktu lalu. Foto: TAWAKKAL/FAJAR/JPNN.com

jpnn.com, BREBES - BPJS Kesehatan menunggak pembayaran klaim ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Brebes, Jateng, sebesar Rp 15 miliar.

Direktur RSUD Brebes, melalui Wakil Direktur (Wadir) Umum dan Keuangan Slamet Arjono mengatakan, klaim BPJS yang belum dibayar mulai Mei- Juni mencapai Rp 15 miliar. Dimana, masing-masing per bulannya, klaim BPJS Kesehatan yang harus dibayar mencapai Rp 7,5 miliar.

BACA JUGA: DJSN Sebut 3 Aturan Baru BPJS Kesehatan tak Mengikat Publik

“Bulan ini (Juli, Red) sedang berlangsung (belum dihitung). Tapi yang jelas dua bulan terakhir belum juga dibayar oleh pihak BPJS (Rp 15 miliar),” ungkapnya Selasa (31/7).

Slamet mengatakan, tunggakan tersebut diperuntukan klaim rawat jalan, rawat inap, dan obat-obat pasien BPJS pada Mei dan Juni. Pihaknya sudah menyerahkan data tersebut ke pihak BPJS Kesehatan. Namun, hingga saat ini pihaknya belum mendapatkan transferan (pembayaran klaim).

BACA JUGA: Berita Terbaru soal 3 Aturan BPJS Kesehatan

“Kalau biasanya dua minggu setelah laporan data (ke BPJS) sudah bisa cair. Tapi ini kok sudah berbulan-bulan belum juga cair,” katanya.

Berbagai upaya juga dilakukan pihak rumah sakit berpelat merah tersebut dalam mengklaim pembayaran. Salah satunya menghubungi pihak BPJS Kesehatan dalam pembayaran klaim tersebut. Terlebih, kebutuhan obat-obatan dan Bahan Habis Pakai (BHP) di rumah sakit sangat banyak dan bersifat darurat.

BACA JUGA: Aturan Baru BPJS Kesehatan demi Efisiensi, tak Masuk Akal!

“Kedua kebutuhan di atas yang paling mendesak. Apalagi, tiap bulannya kita perkirakan untuk obat-obatan mencapai Rp 2,5 miliar,” katanya.

Saat disinggung alasan BPJS Kesehatan belum membayar klaim dari Mei dan Juni, Slamet menuturkan tidak hanya di Brebes yang klaimnya belum dibayar oleh pihak BPJS. Di daerah-daerah lain juga banyak yang klaimnya belum dibayar oleh BPJS Keshatan. “Katanya belum ada anggaran. Kalau sudah jawab begitu kita mau bagaimana lagi,” lanjutnya.

Dia berharap, total tunggakan yang masih belum dibayar oleh BPJS bisa segera terselesaikan. Terlebih, 90 persen pasien yang ada di RSUD Brebes merupakan peserta BPJS Kesehatan. Sedangkan sisanya merupakan pasien umum.

Meski klaim BPJS Kesehatan belum dibayar, Slamet memastikan semua pelayanan di RSUD Brebes berjalan normal. “Insyallah semua pelayanan masih berjalan normal,” ungkapnya. (ded/fat)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tujuan Terbitnya Aturan Baru BPJS Kesehatan, Ternyata!


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler