BPKH Bakal Gelar Konferensi Haji Internasional, Bahas Digitalisasi untuk Jemaah

Selasa, 04 Oktober 2022 – 09:37 WIB
BPKH bekerja sama dengan Bank menggelar Konferensi Haji Internasional (International Hajj Conference) sebagai bagian dari rangkaian ISEF 2022. Ilustrasi: ANTARA FOTO/Saudi Press Agency/Handout via REUTERS/pras/cfo

jpnn.com, JAKARTA - Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) kembali berpartisipasi dalam Indonesia Sharia Economic Forum (ISEF) 2022.

BPKH bekerja sama dengan bank menggelar Konferensi Haji Internasional (International Hajj Conference) sebagai bagian dari rangkaian ISEF 2022.

BACA JUGA: Apresiasi Disertasi Anggota Dewas Suhaji, Kepala BPKH Berharap Ini

Konferensi Haji Internasional ini bakal digelar pada 7 Oktober 2022 mendatang.

Sekretaris Badan BPKH Emir Rio Krishna mengatakan konferensi ini akan mengangkat tema ‘Digitalisasi dan Inklusivitas dalam Ekosistem Haji’.

BACA JUGA: BPKH Menyalurkan 2.834 Hewan Kurban ke Berbagai Penjuru Negeri

“Tema tersebut akan dibahas dengan mengundang keynote speaker dan panelis dari berbagai instansi pemerintah, lembaga keuangan, serta praktisi bisnis dari dalam dan luar negeri,” ucap Emir dalam keterangannya, Senin (3/10) malam.

Menurut dia, kemajuan teknologi telah membawa dampak yang signifikan di berbagai sektor termasuk pada ekosistem haji.

BACA JUGA: Selamat, BPKH Raih WTP Selama 4 Tahun Berturut-turut

Selain itu, Kerajaan Arab Saudi saat ini sedang mengembangkan sistem registrasi digital bagi jemaah yang ingin menunaikan ibadah haji.

Hal ini akan membawa perubahan dalam prosedur pendaftaran yang harus dilakukan jemaah.

“BPKH juga telah menerapkan digitalisasi dalam pengelolaan dana haji, di mana manfaat dana haji didistribusikan kepada jemaah melalui virtual account. Hal ini telah mendorong inklusivitas layanan keuangan kepada jemaah haji,” kata dia.

Kegiatan Konferensi Haji Internasional akan diselenggarakan pada Jumat (7/10) 2022 pukul 09.00 hingga 16.00 secara hybrid melalui Zoom dan Youtube BPKH serta secara langsung di Jakarta Convention Center.

Konferensi Haji Internasional akan menyajikan dua panel diskusi.

Untuk panel diskusi pertama akan diisi oleh lima panelis, yaitu: Direktur Jenderal Haji dan Umrah Kementerian Agama Hilman Latief, CEO National Hajj Commission of Nigeria Alhaji Zikrullah Kunie Hassan, Anggota Badan Pelaksana BPKH Benny Witjaksono, dan Direktur Bank Muamalat Purnomo Soetadi.

Untuk panel diskusi kedua akan diisi oleh lima panelis, yakni: Chairman of Hajj Committee of India A.P Abdulla Kutty, Executive Manager of Belad Al-Haramain for Umrah Shakir Ahmed Hameed Alhuthali, Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Saiful Mujab, Deputi Investasi Surat Berharga, Emas, Teknologi Informasi, Pengadaan dan Umum BPKH Indra Gunawan, Direktur Bisnis Bank Jabar Banten Syariah Koko Tjatur Rachmadi, dan Sekretaris Jenderal Forum SATHU (Asosiasi Penyelenggara Perjalanan Haji dan Umrah) H. Muharrom Ahmad.

Bagi para peserta yang akan ikut dalam Konferensi Haji Internasional dapat mendaftar di link bit.ly/HajjConference2022. (mcr4/jpnn)


Redaktur : Elvi Robiatul
Reporter : Ryana Aryadita Umasugi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
BPKH   haji   Jemaah   Bisnis   umrah   Digitalisasi  

Terpopuler