BPS: Waspadai Kerusuhan Di Mesir

Selasa, 01 Februari 2011 – 16:46 WIB
JAKARTA — Meski secara geografis letaknya berjauhan, namun kerusuhan dalam upaya penggulingan pemerintahan di Mesir patut diwaspadai IndonesiaKarena bila saja kerusuhan yang juga terjadi di Tunisia tersebut sampai berimbas ke negara-negara di Timur Tengah, maka pengaruhnya secara ekonomi akan berdampak dengan terpengaruhnya harga minyak dunia.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Rusman Heriawan mengatakan, secara ekonomi dibandingkan Tunisia, Mesir memiliki jalur ekspor impor yang lebih besar dengan Indonesia

BACA JUGA: Pemda Wajib Miliki Bank Tanah

‘’Namun bila dibandingkan secara global, masih terlalu kecil bila dibandingkan dengan negara-negara Asia
Tapi kita harus tetap waspada, mudah-mudahan kerusuhan ini tidak menjalar ke Timur Tengah yang artinya bisa berpengaruh pada sektor Migas,’’ kata Rusman.

Kasus yang terjadi di Mesir kata Rusman, sama halnya dengan pengulangan sejarah di Indonesia pada tahun 1998 lalu

BACA JUGA: KPK-Polri-Kejagung Kuatkan Barisan

Namun secara politik, antara Mesir dan Indonesia berbeda
Dengan stabilitas ekonomi dan demokrasi yang masih terjaga, didukung oleh stabilitas kawasan Asia yang masih aman hingga saat ini, Rusman optimis kerusuhan di Mesir tidak akan terasa dampaknya ke Indonesia.

‘’Apalagi sangat jauh sekali

BACA JUGA: Pengacara Tersangka Desak KPK Ungkap Penyuap

Jaringan kerjasama kita juga tidak terlalu besar dengan negara tersebutNamun saya tetap menyerukan kita untuk terus waspadaTerutama pada tim ekonomi untuk melihat bilamana kondisi disana terus memburuk,’’ kata Rusman.(afz/jpnn)


BACA ARTIKEL LAINNYA... Menhut : Mayoritas Bupati tak Paham Iklim


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler