Brasil Raih Gelar Ketiganya

Senin, 29 Juni 2009 – 10:19 WIB
BINTANG - Dua bintang Brasil, Luis Fabiano dan Kaka, dengan penghargaan (piala) individual mereka masing-masing yang diraih dalam ajang Piala Konfederasi 2009. Foto: PA.
JOHANNESBURG - Tidak seperti dugaan sebagian orang sebelumnya, pertandingan final Piala Konfederasi 2009 yang berlangsung di Stadion Ellis Park, Johannesburg, Minggu (28/6) malam waktu setempat atau Senin (29/6) dinihari WIB, ternyata berlangsung sengit dan berakhir dramatisSempat memimpin 2-0 terlebih dahulu di babak pertama, Amerika Serikat (AS) yang di pertandingan grup juga sudah dikalahkan Brasil 3-0, nyatanya harus menyerahkan piala ke tangan Brasil dengan skor akhir 2-3.

Kemenangan ini, sekaligus menjadi gapaian prestasi ketiga kalinya bagi tim Samba Brasil di ajang yang sama (Piala Konfederasi, Red)

BACA JUGA: Akhirnya, Brasil akan Berjumpa AS Lagi

Sementara bagi AS sendiri sesungguhnya, melaju ke final sudah merupakan pencapaian tersendiri, apalagi setelah melewati partai-partai berat dengan membuat beberapa 'kejutan' (mengalahkan Mesir 3-0 untuk lolos dari grup dan menaklukkan tim favorit Spanyol di semifinal, Red).

"Well, kami sudah berbuat lebih baik daripada apa yang sebelumnya kami capai di kompetisi seperti ini
Jadi saya kira, kami bisa keluar dari sini dengan kepala tegak," komentar bintang AS, Landon Donovan, berbicara kepada FIFA.com, saat dimintai komentar soal pencapaian timnya seusai pertandingan.

"Yah, saya kira kami sudah melangkah sedikit lebih maju

BACA JUGA: AS ke Final, Brasil Bersiap

Tapi kami perlu belajar dari apa yang terjadi hari ini
Jika tidak, maka segala pencapaian ini akan tidak berarti sama sekali," katanya menambahkan.

Namun, khusus mengomentari hasil babak pertama yang seharusnya bisa membawa gapaian prestasi luar biasa bagi mereka, Donovan bagaimanapun mengaku kecewa juga

BACA JUGA: Kritik Rekannya, Buffon Harapkan Regenerasi Italia

"Kami kecewaMemang, pada akhirnya kita tahu ada alasan kenapa Brasil selalu disebut sebagai salah satu tim terbaik di dunia," ungkapnya.

"Tapi, dalam situasi yang kami alami, sempat unggul 2-0 separuh babak, mustinya kami bisa memastikan kemenangan ituKami tidak mungkin gembira dengan hasil ini sajaJika kami ingin lebih baik, kami harus berharap lebih terhadap diri kami sendiri," katanya pula.

Apapun itu, serta bagaimanapun analisa berbagai pihak terhadap jalannya pertandingan, yang jelas partai final sekaligus keseluruhan turnamen kali ini telah resmi selesaiGelar peringkat ketiga juga sudah dipastikan beberapa jam sebelumnya, yang akhirnya diambil Spanyol lewat kemenangan yang juga sangat dramatis atas tuan rumah Afrika Selatan (Afsel), 3-2 lewat perpanjangan waktu.

Brasil sendiri, selain meraih gelar juara, juga melengkapi kesuksesannya dengan capaian prestasi lainnya, yakni sebagai Tim Fair Play pilihan FIFATidak hanya itu, dua gelar bergengsi lain yakni Bola Emas (Pemain Terbaik) dan Sepatu Emas (Pencetak Gol Terbanyak), juga diraih oleh dua punggawa Brasil, yaitu Kaka dan Luis FabianoAS sendiri selain medali perak untuk posisi kedua, 'kebagian' penghargaan Sarung Tangan Emas atas nama kipernya, Tim Howard(ito/JPNN)

Hasil Piala Konfederasi 2009
-Juara: Brasil
-Runner-up: Amerika Serikat
-Peringkat ke-3: Spanyol (mengalahkan tuan rumah Afsel)
-Peraih FIFA Fair Play Award: Brasil
-Peraih Adidas Golden Ball: Kaka (Brasil)
-Peraih Adidas Golden Shoe: Luis Fabiano (Brasil)
-Peraih Adidas Golden Glove: Tim Howard (AS)
-Peraih Adidas Silver Ball: Luis Fabiano (Brasil)
-Peraih Adidas Bronze Ball: Clint Dempsey (AS)
-Peraih Adidas Silver Shoe: Fernando Torres (Spanyol)
-Peraih Adidas Bronze Shoe: David Villa (Spanyol)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Formula 1 Diambang Perpecahan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler