Bripka Maihendri, Polisi Berhati Mulia di Polres Solok Kota

Kamis, 12 Oktober 2017 – 08:32 WIB
Rumah Samuni dan Saniar setelah renovasi. Foto: Fathan Sinaga/JPNN.com

jpnn.com, SOLOK - Penderitaan pasangan suami istri Samuni (85) dan Saniar (67) sedikit berkurang lantaran keikhlasan Bripka Maihendri. Gubuk milik pasangan jompo yang dulunya bobrok, kini berubah menjadi rumah layak huni berkat bantuan Hendri, polisi berhati mulia, anggota Bhabinkamtibmas Polres Solok Kota Sumatera Barat.

Fathan Sinaga, Jawa Pos National Network

BACA JUGA: Warga 2 Desa Iuran Bangun Jembatan Bambu, Duuuuh

Wajah semringah Samuni dan Saniar terlihat, meski keriput menyelimuti kulit muka mereka. Senyum bercampur tangis terlihat saat rumah mereka dibangun kembali.

Dahulu, pasangan tua renta ini tinggal satu atap bersama hewan ternaknya di Nagari Indudur, Kecamatan IX Koto Sungai Lasi, Kabupaten Solok. Mereka beternak bebek untuk melanjutkan kehidupannya.

BACA JUGA: Istri Ditampar Suami dan Rebutan Warisan pun Lapor ke KPK

Rumah Samuni dan Saniar sebelum renovasi. Foto: source for JPNN.com

BACA JUGA: Saat Markas Polres jadi Taman Bermain Anak-Anak Pessel

Gubuk berukuran 3x5 meter milik mereka juga dijadikan kandang untuk enam ekor bebek. Bau tidak sedap sudah hal yang biasa bagi pasangan yang mengandalkan pencarian dengan menjual telur tersebut.

Hendri yang melihat itu, tergerak hatinya. Terlebih, Samuni yang renta itu, penglihatannya sudah tidak berfungsi lagi.

Hendri juga berasal dari keluarga tidak mampu. Kini, selain bertugas sebagai Bhabinkamtibmas, dia juga memiliki usaha sampingan. Dia beternak bebek yang hasil telurnya dijual ke pasar.

Hasil tabungan beternak bebek itu selama empat tahun diberikan untuk merenovasi rumah Samuni dan istri. "Karena saya juga latar belakang saya, juga dari keluarga miskin, tidak dari kalangan atas. Saya berpikir, kalau ada uang bisa berbagi," kata Hendri menahan isak tangisnya di depan rumah Samuni, Rabu (11/10).

Hendri menolak menyebutkan jumlah tabungan yang diberikan untuk merenovasi rumah Samuni. Namun, dia menyebutkan, uang itu cukup untuk membeli semen, pasir, kayu, triplek, dan kasur untuk membangun rumah layak semipermanen berukuran 4x7 meter itu.

Beruntung, masyarakat sekitar memiliki jiwa gotong royong sehingga pengeluaran rumah Samuni berkurang. Setiap akhir pekan, masyarakat sekitar beramai-ramai untuk membangun rumah Samuni yang berada di perbukitan dengan jalan yang terjal.

Dalam pembangunan ini, dirinya juga melaporkan tugasnya merenovasi rumah Samuni kepada Kapolsek IX Koto Sungai Lasi, AKP Afrides Roema hingga Kapolres Solok Kota, AKBP Dony Setiawan.

"Saya melapor secara berjenjang kepada Pak Kapolsek hingga Kapolres. Saat itu beliau mendukung dan memberikan bantuan pemasangan listrik," kata Hendri.

Samuni. Foto Fathan Sinaga/JPNN.com

Sementara istri Samuni, Suniar mengaku senang. Rasa khawatirnya berkurang. Setiap malamnya, apalagi musim hujan, dia tidak lagi khawatir gubuk kecilnya roboh atau harus tidur dengan rembesan air hujan.

Di samping itu, kini listrik juga menerangkan rumah Samuni. "Dulu sering prihatin, mau gimana lagi. Sekarang alhamdulillah sudah senang hati saya," kata dia.

Perbuatan mulia Hendri terdengar sampai telinga Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Orang nomor satu di Korps Bhayangkara itu rencananya akan memberikan penghargaan kepada Hendri.

"Saya dapat telepon dari Kapolres (AKBP Dony Setiawan) yang saat ini sedang ikut Apel Kasatwil Polri 2017 di Semarang bahwa Pak Kapolri sudah mengetahui dan akan memberi penghargaan," kata Wakapolres Solok Kota Kompol Sumintak saat ditemui di lokasi bedah rumah.

Di tempat yang sama, Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Syamsi mengatakan Polres Solok Kota dan Bupati Solok telah memberikan penghargaan kepada Hendri. Dia pun juga akan mengusulkan agar mendapat penghargaan dari Kapolda dan Kapolri.

"Nanti akan dibawa ke Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi apa penghargaan yang akan diberikan, bisa berupa kenaikan pangkat atau ikut sekolah perwira," kata Syamsi.

Polda Sumbar, kata Syamsi sangat mengapresiasi perbuatan Hendri yang melebihi tugas pokok dan fungsinya sebagai Bhabinkamtibmas.

"Sangat dibutuhkan anggota Bhabinkamtibmas seperti Bripka Hendri. Dia bisa dijadikan contoh untuk yang lainnya untuk pelayanan kepada masyarakat," pungkas dia. (mg4/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Cerita Praka Nodi, Anak Petani Anggota Paspampres


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler