Bu Mega Bakal Jadi Profesor Kehormatan Unhan RI, Kiprahnya Diakui Banyak Akademisi

Selasa, 08 Juni 2021 – 14:56 WIB
Megawati Soekarnoputri menyampaikan orasi ilmiah di Universitas Soka, Jepang, Rabu, 8 Januari 2020. Foto: arsip JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Universitas Pertahanan (Unhan) bakal menganugerahkan gelar profesor kehormatan kepada Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri.

Nantinya, ketua umum PDI Perjuangan itu akan menjadi Guru Besar Tidak Tetap Ilmu Pertahanan Bidang Kepemimpinan Strategis Fakultas Strategi Pertahanan Unhan.

BACA JUGA: Honoris Causa dan Aplaus untuk Megawati di Suhu Dingin Hachioji

Rektor Unhan Laksamana Madya TNI Amarulla Octavian menyatakan pemberian gelar profesor kehormatan untuk putri Proklamator RI Bung Karno itu akan dilaksanakan pada sidang senat terbuka Jumat depan (11/6).

Menurut Amarulla, Dewan Guru Besar Unhan RI telah menilai seluruh karya ilmiah Megawati. Hasil penilaian itu sudah diserahkan ke Sidang Senat Akademik Unhan RI.

BACA JUGA: Canda Untuk Bu Mega Dalam Jamuan Makan Siang Bersama Petinggi Universitas Soka

Amarulla mengatakan Megawati menjadi presiden saat Indonesia menghadapi berbagai krisis. "Unhan RI mencatat keberhasilan Megawati saat di pemerintahan dalam menuntaskan konflik sosial seperti penyelesaian konflik di Ambon,  Poso, pemulihan pariwisata pasca-bom di Bali, dan penanganan permasalahan TKI di Malaysia," ujar Amarulla, Selasa (8/6).

Megawati, tutur Amarulla, merupakan presiden perempuan pertama di Indonesia yang berhasil menggelar pesta demokrasi pada 2004.

BACA JUGA: Megawati Terharu Kenang Sang Ayah saat Terima Penghargaan dari Presiden Rusia

"Di era Ibu Megawati, pertama kalinya diselenggarakan pemilihan umum legislatif dan presidensial secara langsung," tutur Amarulla.

Kiprah Megawati itu memperoleh pengakuan dari kalangan akademisi di dalam dan luar negeri. Menurut Amarulla, sejumlah mahaguru dari berbagai perguruan tinggi negeri (PTN) dan universitas mancanegara juga memberikan rekomendasi akademis tentang gelar profesor kehormatam untuk Megawati.

Amarulla menjelaskan Megawati akan menyampaikan orasi ilmiah di depan Sidang Senat Terbuka Unhan sebelum penyerahan gelar profesor kehormatan.

Acara itu juga akan dihadiri Presiden Joko Widodo, KH Ma'ruf Amin, menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju, para guru besar Unhan, dan tamu undangan lainnya. Penyerahan gelar profesor kehormatan itu akan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 sangat ketat.(tan/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Universitas Soka Beri Dr HC kepada Bu Mega, Mas Nanan Merasa Bangga


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler